Air Terjun Batu Putu Bandar Lampung yang Indah dan Masih Terjaga Keasriannya

Air Terjun Batu Putu
Air Terjun Batu Putu Bandar Lampung. (Source: Pemkot Bandar Lampung)

TURISIAN.com – Jalan-jalan ke Bandar Lampung, bisa coba berkunjung ke wisata alam Air Terjun Batu Putu. Objek wisata ini menyajikan pesona alam yang indah dan masih terjaga keasriannya.

Air terjun yang satu ini sangat cantik dengan udara sejuk serta panorama pegunungan yang tampak alami. Sobat Turisian juga bisa memanjakan mata dengan viea rentetan pepohonan besar nan rimbun menutupi perbukitan hijau di belakangnya mampu membuat siapa pun terpukau.

Suasana di Air Terjun Batu Putu ini begitu tenang, meskipun letaknya cukup dekat dengan pusat kota. Daya tarik utamanya tentu saja air terjunnya yang masih alami dan menawan, serta tidak banyak terjamah manusia.

Destinasi wisata Bandar Lampung ini berada di kawasan hutan lindung yang di bawah pengawasan pemerintah setempat. Airnya pun cukup jernih dan suasana alami semakin terasa saat Sobat Turisian sudah memasuki kawasan wisata tersebut.

Di wisata Air Terjun Batu Putu Bandar Lampung ini, Sobat Turisian bisa juga menyegarkan diri dengan air di kolam jatuhan. Airnya jernih dan berwatrna kebiru-biruan yang siap emnggoda kalian untuk menyeburkan diri.

Sekitar 10 meter dari gapura masuk, terdapat loket pembelian tiket. Jadi Sobat Turisian harus membeli tiket. Namun tak usah khawatir, harga tiketnya sangat terjangkau, hanya berkisar Rp5.000 per orangnya.

Menikmati keindahan air terjun akan semakin menarik di kala malam hari. Sebab pemandangannya sangat luar biasa. Kerlap-kerlip lampu di Kota Bandar Lampung yang memukau bisa Sobat Turisian nikmati dari tempat ini.

Baca juga: Pantai Batu Lapis Lampung Miliki Batu Karang Berlapis yang Eksotis

View Teluk Lampung pun bisa Sobat Turisian lihat dari puncak Batu Putu. Tambah lagi hamparan hijau perbukitan menjadi pemandangan luar biasa yang bakal menemani kalian di saat dinginnya malam hari.

Fasilitas Wisata Air Terjun Batu Putu

Sebagai tempat wisata, air terjun ini sudah tersedia berbagai fasilitas yang lumayan baik. Dari mulai area parkir yang cukup luas, musala, warung yang menjual makanan dan minuman, kamar kecil, dan pelayanan lainnya. Di sini juga sering menjadi tempat perkemahan yang sudah terkelola.

Warung-warung kecil tampak meramaikan tempat di sekitar area masuk wisata air terjun tersebut. Sehingga Sobat Turisian bisa dengan mudah membeli jajanan khas, seperti pisang goreng, kopi, dan lain-lain.

Bagi Sobat Turisian pecinta durian, jangan lupa untuk membeli si raja buah ini di warung-warung kecil di area masuk Air Terjun Batu Putu tersebut. Karena para pemilik warung-warung ini menjual hasil panen masyarakat setempat. Di antaranya durian, manggis, pisang, singkong, dan lain sebagainya.

Lokasi Air Terjun Batu Putu Bandar Lampung

Objek wisata alam ini berlokasi di Desa Batu Putu, Kecamatan Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Letaknya tak terlalu jauh dari pusat kota Teluk Betung, kurang lebih hanya membutuhkan waktu 15 menit perjalanan, dan sekira 45 menit dari Kota Bandar Lampung.

Untuk menuju Air Terjun Batu Putu, Sobat Turisian harus memakirkan kendaraan di tempat parkiran, lalu berjalan kaki melewati jalan setapak. Perjalan tersebut akan menuruni perbukitan yang cukup lumayan terjal. Namun jangan khawatir karena akses jalan menuju air terjun, sudah cukup baik.

Rute menuju ke tempat ini ada dua alternatif jalur. Pertama, lewat Kemiling-SMA 7 Bandar Lampung-Sumber Agung-Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rahman-Taman Kupu kupu Gita Persada. Lalu lurus terus mengikuti jalan menuju Batu Putu.

Baca juga: Berlibur ke Lampung? Kunjungi 5 Tempat Wisata Menarik Berikut Ini!

Sementara rute yang kedua, Sobat Turisian bisa akses dari Pusat Kota Bandar Lampung. Kemudian menuju ke Jalan P Emir M Noer, lalu masuk ke Jalan Raden Imba Kesuma. Selanjutnya terus jalan ke arah Teluk. Nanti, kalian akan melihat papan petunjuk jalan menuju arah Batu Putu.

Setelah melewati tanjakan di Sumur Putri yang merupakan lokasi pabrik air mineral, Sobat Turisian tinggal mengikuti penunjuk jalan tadi. Dari situ akan melewati Wira Garden Lampung, Bumi Kedaton Resort, lalu naik lagi ke atas. Dari situ melewati Pondok Pesantren Madarijul ‘Ulum hingga tampak Gapura Air Terjun Batu Putu.*

 

Pos terkait