Menikmati Keindahan Alam Kampung Singkur, Begini Sensasinya

Kampung Singkur
Tenda-tenda deck yang berjajar di sepanjang aliran sungai Hutan Pinus Rahong, Pangalengan, Bandung Selatan menawarkan suasana alam yang berbeda. (Instagram/@infowisatapangalengan.go)

Hutan Pinus Rahong-1
Hutan Pinus Rahong-2
Hutan Pinus Rahong-6
Hutan Pinus Rahong-3
Hutan Pinus Rahong-4
Hutan Pinus Rahong-5
Hutan Pinus Rahong-1 Hutan Pinus Rahong-2 Hutan Pinus Rahong-6 Hutan Pinus Rahong-3 Hutan Pinus Rahong-4 Hutan Pinus Rahong-5

TURISIAN.com  – Ingin menikmati keindahan alam yang masih asri dan memiliki udara sejuk? Kampung Singkur di  Bandung Selatan, Jawa Barat ini adalah pilihan yang pas.

Banyak tempat wisata outdoor di kawasan ini dengan landscap alamnya yang sangat memukau. Bisa dinikmati, pagi siang dan malam.

Termasuk keberadaan hutan pinus, dengan sensasi kesejukan alam dan wisata petulangan. Rasanya sayang untuk dilewatkan ketika kita berkunjung kesini,

Salah satunya yakni wisata Kampung Singkur yang kini menjadi tujuan primadona baru para wisatawan.

Lokasi wisata alam Kampung Singkur berada di Desa Warnasari, Pangalengan, Bandung. Jarak tempuh kurang lebih sekitar 50 kilometer dari Kota Bandung atau sekitar dua jam perjalanan.

BACA JUGA: Berendam di Kolam Tirta Camelia Hotspring, Seperti Ini Rasanya

Sedangkan rute Jalan menuju ke Kampung Singkur dapat diakses melalui tol Soroja maupun tol Mohamad Toha.

Buat kalian yang suka turing bisa ambil rute ini; Bandung – Bojongsoang – Baleendah – Rencong – Banjaran – Cimaung – Pangalengan.

Ketika memasuki Jalan Situ Cileunca yang ada turunan, ambil kanan ke hutan pinus Cirahong.

Perjalanan sekitar 10 menit dari jalan raya tadi dengan melewati perkebunan teh. Namun, ada beberapa titik jalan yang dilalui masih ada yang kurang bagus.

BACA JUGA: Tol Japek II Selatan, Bisa Bikin Perjalanan Jakarta-Bandung Cuma 1 Jam

Jangan heran, kalua sesekali akan berpapasan dengan mobil wara-wiri berupa bak terbuka yang dimodifikasi jadi pengangkut perahu karet buat arung jeram.

Salah satu spot unggulan di daerah ini adalah Situ Cileunca sebagai titik start arung jeram. Makanya, aktivitas kendaraan wara-wiri pengangkut perahu karet arum jeram sering kita jumpai.

HTM, fasilitas, dan nomor kontak Kampung Singkur

Menarknya,  sepanjang perjalanan, mata kita akan disuguhkan atau dimanjakan dengan pemandangan perkebunan teh dan hutan pinus.

BACA JUGA: Telaga Dringo Banjarnegara yang Indah dan Tertinggi Se-Jawa Tengah

Untuk memasuki kawasan wisata Kampung Singkur pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp 10.000 untuk anak-anak maupun dewasa.

Fasilitas untuk Kegiatan Outdoor

Sementara untuk parkir kendaraan dan memasuki wahana lainnya dikenakan biaya. Fasilitas yang disediakan di antaranya kegiatan outbond seperti paint ball dan flying fox.

Fasilitas lain seperti sewa hammock, saung, dan spot-spot foto yang instagenic.

Anda bisa berfoto di view deck dekat warung atau di sungai dengan pemandangan aliran sungai nan jernih di antara bebatuan.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Museum di Kota Bandung yang Menarik Kalian Kunjungi!

Tersedia juga fasilitas lainnya seperti tempat parkir, mushola warung-warung, dan toilet umum

Di sini, pengunjung bisa menjajal wahana arung jeram dan tubing trip menyusuri aliran sungai Palayangan di antara hutan pinus Rahong.

Kampung Singkur juga menyediakan camping ground atau area perkemahan. Buat yang mau menginap ada empat pondok yang terbuat dari kayu.

Untuk harga sewa pondok Rp300.000 per malam. Adapun buat wahana arung jeram, per orangnya dikenakan tarif Rp150.000.

Yang jelas, ketika kita sa,pai lokasi ini, rasanya tak ingin cepat-cepat pulang. Bagi yang suka kopi ada beberapa warung tradisional yang menyediakan kopi tubruk yang juga tak kalah enaknya.

***

Pos terkait