5 Rekomendasi Museum di Kota Bandung yang Menarik Kalian Kunjungi!

Museum di Kota Bandung
Museum Kota Bandung.

TURISIAN.com – Hingga saat ini ada sekitar 17 museum di Kota Bandung yang menarik buat Sobat Turisian kunjungi bersama keluarga. Selain menyenangkan, berkunjung ke museum juga dapat menambah wawasan, terutama bagi anak-anak.

Karena ada begitu banyak museum yang menakjubkan di Kota Bandung, mungkin Sobat Turisian akan sulit untuk membuat pilihan kunjungan. Nah berikut ini ada 5 rekomendasi museum yang menarik kalian kunjungi saat menghabiskan libur akhir pekan.

1. Museum Kota Bandung

Museum yang pertama ini, merupakan salah satu museum edukatif yang memiliki aset budaya dan sejarah Kota Bandung. Lokasinya ada di Jalan Aceh No. 47-49, menempati bangunan salah satu gedung peninggalan Belanda.

Di objek bernama Museum Kota Bandung ini, Sobat Turisian akan disambut dengah kutipan “Jangan Sekali Kali Meninggalkan Sejarah” dari Ir. Soekarno Hatta. Tulisan tersebut tertera di sebuah dinding di halaman museum.

Ada pula ilustrasi sejarah Kota Bandung dengan konsep kekinian di dalamnya. Mulai dari kronologi sejarah Kota Bandung dari masa ke masa. Kemudian foto tokoh-tokoh yang pernah memimpin wilayah Kota Bandung dari zaman kolonial Belanda hingga sampai kini. Serta sejumlah dokumen-dokumen penting yang berkaitan dengan sejarah dari kota berjuluk Paris van Java ini.

Baca juga: Yuk Rekreasi Sambil Mengenal Sejarah di Museum Kota Bandung!

Museum di Kota Bandung yang satu ini dapat Sobat Turisian kunjungi setiap hari, selain hari Senin dan hari libur nasional. Bukanya mulai dari pukul 10.00 -15.00 WIB.

2. Museum Wolff Schoemaker

Museum Wolff Schoemaker atau Museum Preanger merupakan salah satu tempat wisata edukatif lainnya di Kota Kembang ini. Berdiri sebagai bentuk dedikasi untuk seorang arsitektur ternama asal Belanda yaitu Wolff Schoemaker. Ia telah merancang banyak desain bangunan-bangunan bersejarah di wilayah Kota Bandung.

Lokasi museum di Kota Bandung ini berada di lantai dasar dari Hotel Preanger. Di sini Sobat Turisian akan menemukan informasi mengenai beberapa karya-karya arsitektur dari Wolff Schoemaker yang tersebar di Kota Bandung.

Adapun hasil karya-karya arsitektur Wolff Schoemaker yang mungkin kalian sering lihat. Antara lain Hotel Preanger, SMUN 3 & SMUN 5 Bandung, Gedung Merdeka, dan bangunan-bangunan lainnya di wilayah Bandung.

Destinasi museum di Kota Bandung tersebut  buka setiap hari, kecuali hari Minggu. Mulai pukul 11.00 -17.00 WIB. Alamat lengkapnya di Jalan Asia-Afrika No 81 Bandung.

3. Museum Zero (198X)

Berikutnya, ada Museum Zero (198X) atau terkenal juga dengan nama Museum Zero Toys. Tempat ini merupakan museum yang unik ,karena mengoleksi sekira 3000 lebih jenis mainan era 80-an.

Pendiriannya pada tahun 2005, dengan nama 198X Bandung untuk menyiratkan mainan yang terpajang berasal dari tahun 1980-1989. Museum ini sangat cocok buat Sobat Turisian penggemar mainan.

Baca juga: Mengenal Budaya Sunda di Museum Sri Baduga Bandung

Ketika mampir ke salah satu museum di Kota Bandung yang unik ini, kalian bisa melihat beragam koleksi mainan buatan Amerika hingga Jepang. Untuk masuk ke sini pun bisa terbilang unik, karena tiket masuknya cukup dengan membeli salah satu merchandise khusus.

Tempat ini buka untuk umum setiap, dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB. Alamatnya di Jalan Sunda No. 39A, Kota Bandung.

4. Museum Bumi Pakarang Sasuhunan

Lanjut lagi ke museum di Kota Bandung berikut ini, namanya Museum Bumi Pakarang Sasuhunan. Sebuah museum senjata tradisional khas Sunda pertama. Pendiriannya untuk menonjolkan keindahan dan nilai-nilai yang terkandung di dalam berbagai macam perkakas yang masyarakat Sunda gunakan.

Di mulai dari berbagai jenis alat pertanian, berburu sampai untuk perang. Saat masuk Museum Bumi Pakarang Susuhunan, Sobat Turisian kan melihat koleksi sekitar 4000-an keris, kujang, dan pakarang (perkakas) warisan budaya Indonesia. Koleksinya tertata dengan rapih, apik, dan juga menarik di sekeliling museum.

Jam operasional Museum Bumi Pakarang Sasuhunan, buka setiap hari Senin-Kamis pada pukul 10.00- 20.00 WIB. Lokasinya berada di Jalan Pirus Galuh I No 5, Kota Bandung.

5. Museum Virajati

Museum Virajati tergolong museum khusus yang berada di bawah sekolah Komando Angkatan Darat. Pembangunan tempat ini bertujuan untuk mengabadikan dan mengembangkan peranan serta hasil-hasil perjuangan Seskoad.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Bandung yang Instagramable, Pas Buat Liburan!

Kemudian museum di Kota Bandung ini juga berfungsi sebagai sarana edukasi dan rekreasi. Serta harapannya dapat memotivasi generasi mendatang. Saat Sobat Turisian berkunjung ke Museum Virajati akan menemukan 400 koleksi.

Di dalamnya terdapat koleksi kategori historika, keramologika, dan seni rupa. Museum ini buka pada pukul 08.00-15.00 WIB, pada hari Senin hingga Jumat. Lokasinya di dalam Kompleks Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat, Jalan Gatot Subroto no. 96, Kota Bandung.*

 

 

Sumber & Foto: Pemkot Bandung

Pos terkait