Berjumpa Ribuan Rusa Liar di Pulau Rusa Alor yang Indah

Pulau Rusa Alor
Pulau Rusa di Kabupaten Alor, NTT. (Source: Dispar Alor)

TURISIAN.comKabupaten Alor di Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan wilayah kepulauan dengan jajaran pulau-pulau kecil yang menyajikan pesona keindahan. Salah satunya Pulau Rusa yang patut Sobat Turisian kunjungi, terutama bagi yang hobi berburu.

Sesuai namanya, pulau ini merupakan habitat bagi ribuan rusa liar. Sehingga dalam pengembangan menjadi destinasi wisata berburu. Bagi Sobat Turisian yang ingin berburu di kawasan wisata ini harus ada pendampingan dari pemangku adat. Setelah sebelumnya melakukan ritual upacara adat.

Lokasi Pulau Rusa masuk wilayah Desa Puntaru, Kecamatan Pantar Barat, Kabupaten Alor, NTT. Selain menjadi habitat rusa, tempat ini juga memiliki lingkungan yang masih alami dengan suasana yang damai. Sangat cocok buat Sobat Turisian yang ingin relaksasi atau healing.

Tambah lagi di beberapa bagian tempat ini terdapat padang rumput yang luas, di mana rusa sering melakukan penggembalaan. Pemandangan satwa eksotis tersebut justru tampak lebih menarik saat sedang makan di padang rumput.

Meski Pulau Rusa tidak sepopuler Labuan Bajo dan Komodo, namun memiliki keindahan yang berbeda daripada keduanya. Ciri yang paling terkenal dari kawasan ini tidak lain adalah kelompok rusa itu sendiri. Objek pantai di pulau ini sangat menawan dengan air biru dan pasir pantai yang putih.

Baca juga: Tiga Tempat Wisata di Alor NTT yang Bikin Betah dengan Sajian Ragam Aktivitas Seru

Perjumpaan Sobat Turisian dengan kelompok rusa ini akan menjadi pengalaman yang berkesan dan jarang ada di tempat lain. Jangan khawatir, hewan-hewan ini tidak berbahaya dan mereka sudah terbiasa dengan kehadiran manusia. Itu berarti kalian dapat mendekati mereka dengan aman dan memotret mamalia eksotis ini dengan bebas.

Berburu Foto & Waktu Terbaik ke Pulau Rusa

Wisata swafoto dan fotografi menjadi aktivitas utama yang bisa Sobat Turisian lakukan di destinasi wisata ini. Ada pula aktivitas yang lebih menyenangkan bisa kalian lakukan di sana, salah satunya eksplorasi alam. Sobat Turisian dapat menjelajahi pulau secara menyeluruh saat cuaca bagus.

Sedikit tips, pilihan waktu terbaik mengunjungi Pulau Rusa di Kabupaten Alor ini yakni saat musim panas. Pasalnya, padang rumput terlihat paling bagus di periode waktu tersebut. Sehingga Sobat Turisian bisa melihat rusa dengan mudah di sana. Berbeda ketika musim hujan, jarang bahkan tidak ada binatang yang dapat Sobat Turisian lihat.

Akses Menuju ke Pulau Rusa Alor

Untuk berkunjung ke pulau yang satu ini, Sobat Turisian bisa berangkat dari Kota Kupang, langsung menuju ke Pulau Alor dengan menggunakan pesawat terbang. Dari Bandara Internasional El Tari dan tujuannya ke Bandara Pulau Alor.

Baca juga: Berwisata ke Pulau Kepa Alor, Menikmati Alam yang Indah Memesona

Penerbangan ke Pulau Alor tersebut akan memakan waktu kurang lebih 40 menit. Begitu sampai di Kabupaten Alor, Sobat Turisian lanjut menuju ke Pelabuhan Alor Kecil dan langsung mencari perahu untuk menyeberang ke Pulau Rusa.*

Pos terkait