Traveling Dulu ke Danau Bak Blau Bengkulu yang Memukau

Danau Bak Blau
Danau Bak Blau di Bengkulu Utara. (Source: Dispar Prov. Bengkulu)

TURISIAN.com – Memasuki musim liburan akhir tahun, Natal dan Tahun Baru, Sobat Turisian saatnya merencanakan traveling. Nah kalau yang masih bingung mau ke mana liburannya, bisa coba berkunjung ke Bengkulu. Di sini terdapat deretan objek wisata alam yang indah dan memukau, seperti Danau Bak Blau.

Pesona keindahan alam terpancar dari danau yang berada di Pulau Enggano, Bengkulu tersebut. Bak Blau dalam bahasa Enggano berarti ‘mata air berwarna biru’. Danau di pulau terluar Indonesia bagian barat itu banyak yang meyakini tempat ini menyimpan misteri.

Mata air di Danau Bak Blau ini konon tak pernah kering meski masuk musim kemarau panjang. Air di pulau yang berada di tengah Samudra Hindia itu sangat bersih dan jernih. Sungguh memanjakan mata begitu Sobat Turisian melihatnya langsung.

Uniknya lagi, meskipun terhubung dengan laut Sobat Turisian bisa merasakan air danau ini terasa hambar bahkan terasa sedikit manis. Fenomena tersebut mengingatkan pada air Laut Merah yang terbelah.

Baca juga: Liburan Seru di Wahana Surya, Waterpark Terbesar di Bengkulu

Destinasi wisata danau ini terletak di Dusun Tiga, Desa Meok, Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Warna kebiruan akan tampak begitu sangat jelas di permukaan seluas lebih kurang 500 meter persegi.

Rute Perjalanan ke Danau Bak Blau

Sobat Turisian untuk menuju ke objek wisata Bengkulu yang satu ini, bisa berangkat dari Pelabuhan Pulau Baai, Kota Bengkulu. Perjalanannya melalui jalur laut dengan menggunakan kapal ferry atau kapal perintis untuk menyeberang ke Pulau Enggano.

Setelah tiba di Dermaga Malakoni, Pulau Enggano, Sobat Turisian masih harus menempuh perjalanan selama setengah jam melalui jalur darat hingga sampai di Danau Bak Blau. Walau harus melalui perjalanan yang panjang dan cukup melelahkan, semuanya akan terbayar lunas dengan pesona keindahan danau ini.

Baca juga: Bersenang-senang Dulu di Danau Mas Harun Bastari Bengkulu yang Indah

Nah jika Sobat Turisian ingin bermalam di destinasi wisata ini, tak usah khawatir soal penginapan. Di kawasan wisata Danau Bak Blau ini terdapat penginapan yang ada di Desa Kahyapu dan akomodasi lainnya masih sangat terbatas.*

 

Pos terkait