Nikmati Nuansa Pedesaan yang Bikin Nyaman di Desa Wisata Kemasan

Desa Wisata Kemasan
Umbul Tirto Mulyo di Desa Wisata Kemasan Boyolali. (Source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang mencari tempat dengan suasana yang bikin tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota, bisa coba ke Desa Wisata Kemasan (Dewa Emas) di Boyolali. Di sini kalian bisa menikmati liburan dengan nuansa pedesaan yang bikin nyaman.

Dewa Emas sendiri resmi buka untuk umum sejak Juni 2016 dan pengelolaannya di bawah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Lestari Manunggal. Di desa ini, Sobat Turisian bisa menikmati berbagai sajian wisata alam dan aktivitas yang berpadu dengan pendidikan.

Banyak hal yang menarik di Desa Wisata Kemasan yang tersebar di setiap dusunnya. Sobat Turisian bisa menikmatinya bersama keluarga saat liburan di desa ini. Di tempat ini ada kolam renang dan resto di Dukuh Mungup, pertanian padi di Dukuh Maron.

Kemudian ada pula tempat pembuatan berbagai jenis roti di Dukuh Tangkisan, lahan kangkung dan pengolahan sampah terpadu di Dukuh Kemasan. Serta kampung lukis dan tari di Dukuh Karanggayam dan tempat pembuatan jamu di Dukuh Tegalsono.

Baca juga: Ayo Wisata Trackking di Desa Wisata Samiran Boyolali!

Menariknya lagi, Desa Wisata Kemasan memiliki banyak sumber mata air alami yang memancar (mumbul) bertempat di Dukuh Ngumbul. Dukuh ini sejak zaman Kolonial Belanda hingga sekarang menjadi Kantor Pusat Pemerintahan Kecamatan Sawit. Dari sinilah awal mula terbentuknya desa wisata yang satu ini.

Umbul Tirto Mulyo Desa Kemasan

Ada satu umbul di sini yang telah lama menjadi daya tarik wisata, yaitu Umbul Tirto Mulyo. Setelah renovasi, bangunan Umbul Tirto Mulyo menyerupai Tamansari Yogya. Sehingga memberikan sensasi pemandian ala putra putri kerajaan.

Konon, pembangunan Umbul Tirto Mulyo di Desa Wisata Kemasan ini terjadi pada masa pemerintahan Sri Susuhunan Paku Buwono X (PB X). Ketika memerintah Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Umbul ini pun sering digunakan oleh PB X dan kerabatnya untuk padusan tiap menjelang bulan puasa. Tempat wisata umbul tersebut buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 17.30 WIB. Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau.

Lokasi Desa Wisata Kemasan

Desa wisata yang satu ini berlokasi di Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Letaknya bisa Sobat Turisian temukan dengan mudah. Karena berada di tengah perjalanan antar kota dan antar provinsi, Kota Solo menuju Yogyakarta.

Baca juga: Rasakan Kenyamanan dan Ketenangan Berlibur di Tretes Taman Tani Boyolali

Jika Sobat Turisian berangkat dari arah Solo, sebelah kanan jalan terdapat patung Bapak Ibu Petani yang menjadi simbolisasi Desa Karang Duren. Dari situ tinggal belok kanan mengikuti petunjuk yang terpampang. Kira-kira 3 km kalian sudah sampai di Desa Wisata Kemasan atau Dewa Emas ini.*

 

 

Pos terkait