Pesona Pantai Ngliyep Malang yang Indah Cocok Buat Tujuan Liburan

Pantai Ngliyep
Pantai Ngliyep, Kabupaten Malang, Jatim. (Source: Pemkab Malang)

TURISIAN.comKabupaten Malang memang sangat menarik buat tujuan liburan. Apalagi bagi Sobat Turisian yang senang wisata bahari. Di sini ada sejumlah objek pantai yang indah dan menarik buat kalian kunjungi. Salah satunya Pantai Ngliyep yang menyajikan perpaduan hamparan laut dengan bebatuan karang.

Tak hanya itu, destinasi wisata pantai ini pun menyajikan pesona alam yang sangat indah dan hutan tropis hijau nan asri. Tampak pula hamparan pasir putih yang lembut dan area bermain yang luas dengan pepohonan yang rindang.

Bahkan alunan gelombang laut di Pantai Ngliyep pun cukup menarik untuk Sobat Turisian nikmati. Karena itulah namanya Ngliyep yang memiliki arti setiap orang yang melihat pantai ini akan merasa mengantuk dan tertidur (Bahasa Jawa: liyep-liyep).

Selain menikmati keindahan alam, di tempat ini pun Sobat dapat berenang, berjemur di bawah panas matahari, atau memancing. Bisa juga melihat tebing-tebing yang curam dan hamparan hutan tropis di sekitarnya. Terdapat pula sebuah pulau kecil bernama Gunung Kombang yang terdapat sebuah petilasan yang bisa kalian kunjungi.

Sebagai objek wisata Malang, Pantai Ngliyep juga menyediakan fasilitas pendukung yang cukup memadai. Beberapa fasilitasnya, di antaranya sudah ada warung kuliner, toko suvenir, penginapan, area parkir, hutan lindung, arena wisata, dan lainnya.

Baca juga: Yuk Wisata ke Teluk Besar Bowele Kabupaten Malang yang Sangat Indah!

Objek wisata Kabupaten Malang yang satu ini menempati areal kurang lebih 10 Ha. Terdiri dari hutan lindung, areal wisata, penginapan, dan lahan parkir. Pada era 1980-an, pantai ini merupakan daerah tujuan wisata favorit di Jawa Timur.

Sejarah & Daya Tarik Lain Pantai Ngliyep

Konon Pantai Ngliyep penemuan pertama kalinya oleh Mbah Atun, perantauan asal Yogyakarta, pada 1919 dan mulai buka secara resmi untuk umum pada 1951. Tak jauh dari tempat ini, Sobat Turisian bisa menemukan sebuah teluk di sebelah kiri dengan pemandangan yang tak kalah indah, yaitu Teluk Putri.

Untuk menuju ke situ, Sobat Turisian cukup berjalan ke sisi kiri kemudian naik ke bukit yang tak terlalu tinggi. Nama Teluk Putri muncul karena teluk ini terlapisi pasir putih sangat bersih dan halus lembut sehalus kulit para putri. Ketebalan pasirnya kurang lebih 40 cm.

Meski hamparan pasir tersebut tidak luas, hanya sekitar 100 meter, tetapi nyaman untuk tempat menyepi atau healing bahasa kerennya sekarang. Ketika berada di sini, kalian harap hati-hati karena terkadang gelombang bisa cukup besar datang tiba-tiba. Karena itu, Sobat Turisian tidak boleh mendekat sampai di bibir pantai dan hanya boleh berada di pasir putih Teluk Putri.

Hal menarik lain di Pantai Ngliyep Malang ini, setiap tahun menjadi venue upacara tradisional Labuhan Mulud (upacara kurban). Labuhan Mulud adalah upacara tradisional yang selalu berlangsung di pantai ini setiap Maulid Nabi Muhammad SAW.

Lokasi Pantai Ngliyep Kabupaten Malang

Destinasi wisata di Kabupaten Malang ini merupakan sebuah pantai pesisir selatan yang terletak di tepi Samudra Hindia. Tepatnya berlokasi di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Baca juga: Uji Adrenalinmu dan Rasakan Keseruan di Kasembon Rafting Malang!

Lokasi tersebut berjarak kurang lebih 62 km arah selatan dari Kota Malang. Dari Kota Malang, Pantai Ngliyep sangat mudah Sobat Turisian jangkau karena sejak tahun 1980 akses menuju pantai ini telah memiliki akses jalan beraspal.*

Pos terkait