PHRI Gelar Bike Tour di KEK Mandalika, Upaya Tarik Wisatawan ke NTB

PHRI Gelar Bike Tour
Peserta PHRI Bike Tour Mandalika mengepalkan tangan setelah berhasil memasuki finish, Minggu 20 November 2022. (Instagram/@dedy_ir23's profile picture dedy_ir23)

TURISIAN.com –  PHRI gelar Bike Tour di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Event ini bagian dari upaya untuk menarik kembali kunjungan wisatawan ke Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya nyata dari PHRI untuk meningkatkan kembali minat masyarakat untuk berwisata usai pandemi COVID-19,” kata Ketua Umum PHRI, Hariyadi Sukamdani dalam keterangan tertulis di Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Senin 21 November 2022.

Dijelaskan Haryadi, Seri ke-5 PHRI Bike Tour 2022 ini  mengambil rute sejauh kurang lebih 40 kilometer.

Ada sekitar 300 peserta diajak untuk melintasi Sirkuit Mandalika serta beberapa titik wisata menarik seperti Desa Adat Sade di Lombok.

BACA JUGA: Balap Sepeda Tour de Borobudur 2022 Diikuti 1.500 Peserta, Tempuh Jarak 104 Km

Setelah Mandalika, PHRI Bike Tours 2022 juga akan berlangsung di Makassar pada 26 November.

“Ajang Bike Tour ini ditutup di Jakarta pada 11 Desember 2022,” katanya.

Ia menjelaskan PHRI Bike Tour dirancang sebagai kegiatan “sport tourism” yang menyenangkan dengan diselingi aneka permainan interaktif yang diikuti oleh para peserta.

Mempromosikan Destinasi Wisata

Selain itu, setiap titik wisata menarik yang dilalui sepanjang rute, peserta diajak melakukan visual “storytelling” melalui media sosial.

BACA JUGA: 1000 Lebih Goweser  akan Mengikuti Jambore Sepeda Lipat Nasional XI

“Hal tersebut diharapkan dapat membantu mempromosikan destinasi wisata, dan menjadi stimulan pergerakan wisatawan nasional maupun internasional,” katanya.

Sementara itu, jajaran Polres Lombok Tengah juga ikut mengamankan kegiatan Bike Tour Seri Mandalika yang diselenggarakan PHRI di KEK Kuta Mandalika.

Kapolres Lombok Tengah AKBP Irfan Nurmansyah, mengatakan bahwa Kegiatan Bike Tour Seri Mandalika ini merupakan salah satu upaya nyata.

Khususnya,  dari PHRI Pusat maupun DPD NTB untuk meningkatkan kembali minat masyarakat untuk berwisata pasca pandemi COVID.

“Ini untuk mendukung peningkatan kunjungan wisata di NTB,” katanya.

BACA JUGA: Tepati Janji, Gubernur Kalteng Beri Hadiah dan Bonus Balap Sepeda, Ini Jumlahnya

Kegiatan itu juga bertujuan meningkatkan ekonomi lokal melalui kegiatan sport tourism. Pada kesempatan tersebut, peserta diundang untuk mempromosikan destinasi wisata yang dilewati melalui foto-foto yang dapat dibagikan ke sosial media.

“Kegiatan ini sangat baik, sehingga kita juga sangat mendukung kegiatan ini untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat,” katanya.

Rute kegiatan itu dimulai dari Masjid Nurul Bilad menuju Sirkuit Mandalika, menuju jalan Bypass Mandalika. Setelah itu lurus sampai rumah adat Sade dan finis di Masjid Nurul Bilad Kuta. ***

Pos terkait