Balap Sepeda Tour de Borobudur 2022 Diikuti 1.500 Peserta, Tempuh Jarak 104 Km

Tour de Borobudur
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut melepas rombongan balap sepeda Bank Jateng Tour de Borobudur 2022, Minggu 6 November 2022. (Instagram/@ganjar_pranowo)

TURISIAN.com – Balap sepeda Bank Jateng Tour de Borobudur 2022 diikuti lebih dari 1.500 peserta yang datang dari berbagai daerah Indonesia.

Mengambil start di parkir Stadion Manahan, Solo Jawa Tengah, Minggu 6 November 2022, para pembalap ini menempuh jarak sejauh 104 km.

Pada hari kedua ini, ikut memberangkatkan para pembalap yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka.

Rombongan dilepas dari Manahan Solo menuju kawasan Candi Borobudur Magelang, sekitar pukul 06.00 WIB.

BACA JUGA: Pentingnya Booking Hotel Dekat Candi Borobudur, Ini Alasannya

Menurut Gibran event sepeda  tersebut digelar pascapandemi untuk menggenjot sport tourism.

Dengan kegiatan ini, hotel-hotel di Solo menjadi ramai karena event digelar selama dua hari.

“Peserta tour yang penting banyak yang menginap di Solo untuk menggenjot kunjungan wisata,” kata Gibran.

Kawasan Candi Prambahan

Sementara itu, Ketua Pelaksana Bank Jateng Tour de Borobudur XXII 2022, Hendra Darmanto mengatakan event Tour de Borobudur 2022 diikuti sebanyak 1.500 peserta.

Dengan rute yang ditempuh dari Stadion Manahan Solo menuju kawasan Candi Prambahan. Kemudian dilanjutkan ke Tempel Sleman dan menuju kawasan Candi Borobudur Magelang.

BACA JUGA: Estape Balap Sepeda Tour de Siak Kini Sampai Pekanbaru

Tour de Borobudur hari kedua ini, menempuh jarak sekitar 104 kilometer. Sedangkan, tour hari pertama Manahan-Boyolali-Borobudur, Jumat (5/11), menempuh jarak sekitar 135 km.

Peserta Tour de Borobudur secara nasional datang dari di seluruh Indonesia, yakni selain asal Jateng, ada Aceh, Palangkaraya, dan daerah di Pulau Jawa lainnya.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menjelaskan bahwa dalam kegiatan Bank Jateng Tour de Borobudur XXII 2022 ini ada dua hal yakni sport dan tourism.

BACA JUGA: Berburu Kuliner Nusantara Di Sekitar Candi Borobudur Magelang

Kegiatan ini selalu melintasi jalur baru beberapa kabupaten pada hari pertama mulai Manahan Solo ke Boyolali tempat sangat indah dan menantang, serta bagi goweser sangat senang dengan jalur ini.

“Pada hari kedua start dari Manahan Solo melalui desa-desa wisata. Yang mana untuk tour sangat menarik bagi goweser,” ujar Ganjar.

“Kami sudah mendorong untuk membuka pariwisata dengan event ini. Namun, saya ingatkan COVID-19 sedang naik, saya pastikan sudah booster dan memakai masker. Mudah-mudah sudah mengecek dalam kondisi sehat,” sambungnya. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait