Yuk Tamasya Bersama Keluarga ke Pantai Lawata Bima!

Pantai Lawata Bima
Pantai Lawata Bima. (Source: Dispar Kota Bima)

TURISIAN.com – Kalau lagi berkunjung ke Kota Bima, Sobat Turisian bisa tamasya bersama keluarga ke Pantai Lawata. Pemandangan alam di pantai ini sangat indah karena posisinya menghadap langsung ke Teluk Bima. Hingga tak heran tempat ini jadi objek wisata unggulan.

Pantai ini berlokasi di Kelurahan Sambinae, berjarak kurang lebih 5 km dari Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Letaknya yang berada di pinggir jalan pintu masuk Kota Bima, membuat pantai yang satu ini mudah untuk Sobat Turisian kunjungi.

Untuk menuju Pantai Lawata Kota Bima ini, akses jalan cukup mudah dan kondisinya baik. Sehingga Sobat Turisian bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan pribadi motor atau mobil.

Objek wisata ini merupakan pantai yang legendaris di daerah Bima karena sudah menjadi tempat wisata sejak tahun 1961, tepatnya sejak zaman Ncuhi. Asal nama Lawata berasal dari kata “Lawang Ita” yang merupakan percampuran bahasa Jawa dan Bima. Istilah ini muncul pada sebuah kisah pada zaman dahulu.

Baca juga: Menikmati Pesona Alam Hingga Bertemu Kuda Pacu di Pantai Kalaki Bima

Kisahnya menceritakan, kala itu Sang Bima yang merupakan musafir dari Jawa, kedatangannya mendapat sambutan dari masyarakat dan Para Ncuhi di tepi pantai. Pada saat penyambutan, para Ncuhi mempersilakan sambil berkata “Lawang Ita”, yaitu “lawang” berarti pintu dan “Ita” berarti Anda. Kata “lawang ita” ini ejaannya kemudian mulai berubah dalam pelafalannya menjadi Lawata.

Fasilitas Wisata Pantai Lawata Bima

Sebagai destinasi wisata unggulan dan legendaris di Kota Bima, pantai ini sudah memiliki fasilitas pendukung yang cukup lengkap. Seperti toilet, tempat parkir dan parkir elektronik, serta saung-saung yang ada di sepanjang pantai yang cocok untuk Sobat Turisian bersantai bersama keluarga.

Belakangan pun hadir sejumlah wahana di Pantai Lawata, di antaranya kolam renang, wahana permainan anak, banana boat, jetsky, dan lainnya. Selain itu di sekitar Pantai Lawata juga sudah terdapat kafe, warung steak, dan warung makanan yang menjajakan aneka makanan khas Bima.

Jam Buka & Harga Tiket Pantai Lawata

Tempat wisata Bima yang satu ini buka hingga jam 12 malam. Sehingga Sobat Turisian yang menginginkan suasana malam pantai yang romantis bisa terlayani. Terlebih sambil menikmati kopi dan makanan yang para pedagang jajakan di pantai ini.

Baca juga: Mengenal Uma Lengge, Rumah Adat Kabupaten Bima NTB

Harga tiket masuk ke Pantai Lawata Bima sangat terjangkau, hanya sekitar Rp1.000/orang. Sedangkan untuk tarif parkir kendaraan sekira Rp 2.000/motor dan Rp 3.000/mobil. Jika menggunakan fasilitas seperti toilet, tempat ini masih memasang tarif atau tidak gratis. Harga-harga sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan pengelola.*

 

 

Pos terkait