Berkunjung ke Air Terjun Bajuin yang Bikin Jatuh Hati

Air Terjun Bajuin
Air Terjun Bajuin, Tanah Laut, Kalsel. (Source: Dispar Tanah Laut)

TURISIAN.com – Kalau Sobat Turisian ingin berlibur ke objek wisata alam yang masih asri di luar Pulau Jawa, mesti coba ke Kalimantan Selatan. Tepatnya di Kabupaten Tanah Laut. Di sana banyak destinasi alam yang menarik, seperti Air Terjun Bajuin.

Air terjun ini berada di atas pegunungan dengan pohon-pohon yang tumbuh rindang. Sehingga memiliki udara yang sejuk dan panorama alam yang sangat indah dan bakal jatuh hati begitu Sobat Turisian melihatnya langsung.

Wisata Air Terjun Bajuin ini menyuguhkan tiga buah air terjun sekaligus. Di antaranya air terjun 1 berjarak 750 meter, kedua berjarak 1200 meter, dan air terjun ketiga berjarak 1800 meter dari terminal. Sobat Turisian pun bisa merasakan kesegaran airnya yang juga sangat jernih.

Saat berada di destinasi wisata Tanah Laut ini, tidak hanya menikmati pesona air terjunnya. Sobat Turisian pun bisa memanjakan mata dengan panorama pegunungan yang indah dan eksotik pula. dan suasananya sangat asri dan alami. Cocok banget buat tempat healing, Sob!

Bukan hanya alamnya yang memikat, di kawasan wisata Air Terjun Bajuin, Sobat Turisian bisa menemukan aneka flora dan fauna. Di antaranya ada beberapa jenis burung, tanaman anggrek hutan, serta bunga bangkai yang terbilang langka.

Baca juga: Hamparan Hijau Savana Bukit Rimpi Tanah Laut yang Memukau, Serasa di Daratan Eropa

Objek wisata alam Kalimantan Selatan yang satu ini juga sudah punya sejumlah fasilitas pendukung. Antara lain fasilitas toilet, tempat istirahat, warung kuliner, mushala dan juga ada silter untuk bersantai.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Bajuin

Spot wisata ini terletak di Desa Sungai Bakar Kecamatan Bajuin, dengan jarak sekitar 10 km dari kota Pelaihari, Ibu Kota Kabupaten Tanah Laut dan sekitar 75 km dari Banjarmasin. Untuk menuju ke sini bisa mengunakan mobil dan sepeda motor.

Kondisi jalan menuju Air Terjun Bajuin beraspal dan ada juga jalan setapaknya. Sepanjang jalan tersebut banyak terdapat perbukitan besar mirip gunung. Tampak cantik berwarna hijau berpadu dengan menguningnya persawahan di sekitarnya.

Dari arah Kota Banjarmasin sebelum memasuki Kota Pelaihari, Sobat Turisian menemukan Bundaran Angsa. Lalu ambil jalan ke kiri dan lurus saja hingga Simpang 3. Selanjutnya ikuti jalan yang lurus saja mengikuti papan petunjuk di tiap persimpangan sampai tiba di Desa Sei Bakar.

Begitu akan memasuki kawasan Air Terjun Bajuin, ada Simpang 2. Jika ke kiri ke air terjun ini, sedangkan ke kanan menuju Wisata Alam Goa Marmer.

Baca juga: Mesti Coba! 6 Kuliner Khas Kalimantan Selatan yang Otentik dan Lezat

Dari pintu gerbang kalian tinggal berjalan kaki mendaki melalui anak tangga hingga tiba di air terjun. Waktu tempuh sekitar 39 menit. Menariknya tidak ada biaya masuk ke objek wisata Tanah Laut yang satu ini.*

 

Pos terkait