Air Terjun Humogo Gunungsitoli, Tempat yang Pas Buat Refreshing

Air Terjun Humogo
Air Terjun Humogo Gunungsitoli. (Source: Disparbud Gunungsitoli)

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang mencari tempat buat liburan keluarga sekaligus refreshing pikiran dan tubuh dari kepenatan rutinitas, mesti mampir ke Air Terjun Humogo. Lokasinya terletak di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara (Sumut).

Tepatnya berada di Desa Fadoro Idanoi, Kecamatan Gunungsitoli. Berjarak sekitar 11 km dari pusat kota dan 17 km dari Bandara Binaka Gunungsitoli, dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Kondisi jalannya pun kini semakin bagus dan beraspal mulus.

Selain itu, tersedia juga area parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan. Letaknya pun tidak terlalu jauh dari area air terjun. Sehingga Sobat Turisian dapat berjalan kaki dari areal parkir sambil berolahraga ringan dan menghirup udara yang segar menuju Air Terjun Humogo.

Agar pejalan kaki lebih nyaman, di lokasi ini terdapat jalur khusus untuk pedestrian. Terutama pada ruas yang cukup terjal sehingga terhindar dari resiko terpleset, khususnya di musim penghujan.

Baca juga: Tiga Aktivitas Wisata Menarik Saat Berkunjung ke Berastagi

Objek wisata ini pun sudah mempunyai fasilitas pendukung wisata. Seperti toilet dan pondok-pondok terbuka untuk bersantai dengan akses undakan berwarna-warni. Membuat Sobat Turisian bakalan makin nyaman dan betah menikmati suasana alam yang asri.

Daya Tarik Air Terjun Humogo Gunungsitoli

Destinasi wisata Air Terjun Humogo cukup unik karena memiliki bentangan air terjun yang cukup lebar di kedua sisi. Tingginya mencapai 8 meter dan lebarnya kurang lebih sama, 8 meter. Di sini Sobat Turisian dapat berendam di kolam jatuhan airnya untuk menikmati segarnya air terjun ini.

Meski kolam air alami ini tidak terlalu dalam, tetapi bagi keluarga yang membawa serta anak-anak, agar lebih memperhatikan keamanan si buah hati. Sehingga perlu menyadari pentingnya pengawasan ekstra.

Lebih menarik lagi, kawasan wisata Air Terjun Humogo mempunyai udara yang sejuk dan panorama alam yang asri. Jadi meski cuaca sedang terik, di tempat ini Sobat Turisian tetap akan merasa nyaman. Jangan lewatkan pula buat swafoto di berbagai sudut tempat ini yang tentunya ciamik dan instagenik.

Baca juga: Tiga Aktivitas Wisata Olahraga di Sumatra Utara yang Seru Buat Dicoba

Oh iya, kalau masih ada waktu berlibur di Kota Gunungsitoli, Sobat Turisian bisa juga sekalian mengunjungi beberapa tempat rekreasi lainnya. Antara lain Taman Ya’ahowu, Tugu Peringatan Gempa, Museum Pusaka Nias, dan Pantai Hoya. Semua deretan objek wisata ini menawarkan keunikan dan sensasinya masing-masing.*

 

 

Pos terkait