Pemda DKI Siapkan 33 Titik Agroeduwisata, Dimana Saja?

Agroeduwisata
Kepulauan Seribu menjadi pusat pelaksanaan Agroeduwisata Pemda DKI Jakarta. Foto: iStock

TURISIAN.com –  Warga Jakarta dan sekitarnya kini bisa menikmati pemandangan hijau, sekaligus menikmati agroeduwisata.

Ada 33  lokasi dalam bentuk kebun, balai penyuluh pertanian (BPP), pusat promosi, sampai pusat konservasi yang dipersiapkan pemerintah DKI Jakarta.

Kawasan ini sebagai upaya untuk meningkatkan sarana agroeduwisata di wilayah setempat.

“Adapun perincian lokasi, yakni kebun bibit 14 lokasi. Kemudian BPP enam lokasi, pusat promosi lima lokasi, pusat pembibitan ikan tujuh lokasi. Dan pusat konservasi di Kepulauan Seribu,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati di Ragunan, Jakarta, seperti dikutip Turisian.com dari Antaranews, Kamis 15 September 2022.

BACA JUGA: Agrowisata Bhumi Merapi, Wisata Edukasi di Yogyakarta yang Seru

Eli menyebutkan sejumlah lokasi tersebut merupakan aset milik Pemprov DKI Jakarta yang sampai saat ini terus ditingkatkan perannya sebagai tempat edukasi dan agrowisata.

Dengan demikian, pengunjung yang datang tidak hanya datang melihat pemandangan hijau. Tetapi juga bisa menghilangkan penat dengan belajar ilmu budi daya tanaman hingga praktiknya.

Urban Healing Garden

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman Dinas KPKP DKI Jakarta, Iwan Indriyanto menyatakan bahwa pihaknya juga turut mengelola edukasi agrowisata.

Caranya dengan meluncurkan Urban Healing Garden pada hari Senin 12 September 2022 lalu.

“Lokasi ini membuat santai dan rileks dengan suasana serta fasilitas urban farming yang bisa diakses masyarakat dari berbagai usia,” kata Iwan.

BACA JUGA: 5 Agrowisata Edukasi di Kota Bandung, Bisa Petik Buah dan Sayur Sendiri

Adapun konsep urban healing dianggap sebagai salah satu cara untuk memulihkan psikologis masyarakat.

Yakni, dengan budi daya pertanian perkotaan (urban farming) dan ini termasuk barang “mewah” di DKI Jakarta.

Mewah maksudnya kegiatan ini jarang dilakukan masyarakat DKI Jakarta dan menjadi alternatif daripada harus ke puncak bertemu kemacetan.

BACA JUGA: Taman Agrowisata Ursaguli Berikan Ketenangan dan Kesejukan

Konsep Urban Healing Garden adalah peningkatan dari agro edukasi wisata. Sehingga pengunjung yang datang bisa melakukan urban farming dengan bibit tanaman yang sudah tersedia, seperti pakcoy, terong, dan tomat.

Taman ini juga memberikan kesempatan para pelaku UMKM Jakpreneur untuk menunjukkan keterampilannya dalam membuat kopi dan menjualkannya kepada pengunjung.

“Di kawasan Ragunan ini ada kafe yang lima pengelolanya dari Jakpreneur binaan dinas KPKP,” tuturnya. ***

Pos terkait