Pantai Jungwok Gunungkidul, Spot Terbaik Camping di Pinggir Pantai

Pantai Jungwok Gunungkidul
Pantai Jungwok, Kabupaten Gunungkidul. (Source: visitingjogja)

TURISIAN.com – Melakukan kegiatan camping atau berkemah di pegunungan mungkin sudah umum Sobat Turisian lakukan. Nah di Gunungkidul, Yogyakarta ada yang lagi ngetren sensasi camping di pinggir pantai. Tempatnya di Pantai Jungwok. Wah namanya mirip-mirip nama khas Korea ya?

Di antara pantai-pantai yang biasa menjadi tempat berkemah, salah satu yang paling rekomended dan sudah jadi langganan untuk berkemah, yaitu Pantai Jungwok tersebut. Tempat ini suasananya sepi dan minim fasilitas. Jadi seolah-olah seperti khusus untuk camping.

Sobat Turisian hanya akan melihat lanskap pasir putih, ombak, dan lautan luas. Dengan latar perbukitan hijau di sekitar pantai. Benar-benar terasa seperti pantai pribadi. Kalian akan puas menenangkan diri dan merelaksasi tubuh.

Ombak di Pantai Jungwok Gunungkidul ini tidak terlalu besar karena terhalang karang di sekitar pantai. Ketika air surut, Sobat Turisian bisa melihat hamparan karang yang sangat luas. Di sisi pantai juga terdapat tebing karang yang menjadi spot nelayan setempat berburu loster.

Baca juga: Pantai Ngungap Gunungkidul Punya View Menakjubkan

Nantinya, para nelayan mengumpulkan hasil tangkapan losbter dan menyerahkannya kepada pengepul. Kemudian jual ke warung-warung makan di Pantai Baron dan Pantai Drini.

Lokasi Pantai Jungwok Gunungkidul

Letak destinasi pantai ini berada di sebelah timur kawasan Pantai Wediombo. Berjarak kurang lebih satu kilometer, sehingga Sobat Turisian bisa ambil rute menuju Pantai Wediombo.

Rute menuju Pantai Jungwok, bisa Sobat Turisian mulai dari Kota Yogyakarta. Berjarak jarak sekitar 80 kilometer. Perjalanannya akan menempuh waktu sekira 2,5 jam.

Untuk rute terdekat menuju objek wisata ini, Sobat Turisian bisa berangkat  dari kota Yogyakarta dengan mengikuti jalan penghubung. Yakni via Yogyakarta-Piyungan-Patuk-Wonosari-Semanu-Jepitu-Pantai Jungwok atau Pantai Wediombo.

Baca juga: Asyiknya Petualangan Menuju Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Kalau sudah sampai tempat parkir kendaraan, kalian bisa lanjut menuju pantai dengan berjalan kaki melalui jalan setapak dan rimbunnya pohon pandan laut. Setibanya di lokasi Sobat Turisian akan disambut hamparan pasir putih dan sebuah pulau karang seperti di Pantai Drini. Bedanya, pantai karang di sini terlalu menjorok ke laut, jadi kalian tidak bisa mengunjunginya.*

Pos terkait