5 Pantai di Jabar yang Memesona dan Wajib Kalian Kunjungi

Pantai di Jabar
Pantai Sayang Heulang di Garut. (Source: Disparbud Jabar)

TURISIAN.com – Provinsi Jawa Barat memiliki alam yang memesona, sehingga melahirkan banyak potensi wisata alam yang sangat beragam. Salah satunya objek wisata pantai di Jabar yang tersebar di beberapa titik khususnya wilayah Jabar Selatan.

Sayangnya, masih banyak destinasi pantai yang belum sepopuler Pantai Pangandaran atau Pantai Palabuanratu. Padahal, deretan pantai di Jabar memiliki pesona alam yang begitu luar biasa indah.

Nah kalau Sobat Turisian penasaran dengan deretan pantai di Jabar, berikut ini ada 5 pantai menarik di Jawa Barat yang wajib kalian kunjungi, di antaranya:

1. Pantai Sayang Heulang, Kabupaten Garut

Destinasi Pantai Sayang Heulang terletak di Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut. Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang populer, khususnya di wilayah Jabar bagian selatan.

Panorama alam di Pantai Sayang Heulang sangat luar biasa indah. Sobat Turisian bisa melihat luasnya hamparan pantai yang terhubung langsung dengan Samudera Hindia. Selain itu, kalian juga bisa berburu foto di beberapa titik yang sangat instagramable.

Dari objek wisata ini, Sobat Turisian juga bisa sekalian mampir ke destinasi Pantai Santolo Garut. Karena jaraknya pun tak terlalu jauh. Saat musim libur tiba, kedua pantai di Jabar ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar kota.

2. Pantai Cimanuk, Kabupaten Tasikmalaya

Bergeser ke Kabupaten Tasikmalaya ada Pantai Cimanuk. Termasuk salah satu destinasi wisata unggulan di kabupaten ini. Di pantai ini terdapat tebing tinggi yang jika berdiri di sana, Sobat Turisian dapat melihat lanskap pemandangan yang begitu mempesona.

Baca juga: Yuk Liburan ke Desa Wisata Guranteng Tasikmalaya, Banyak Objek Wisata Menarik!

Alam pantai di Jabar yang satu ini juga masih terjaga dengan sangat asri, sehingga menjadi pilihan cocok buat refreshing atau healing. Suasananya pun semakin syahdu di kala senja saat momen sunset berlangsung.

3. Pantai Karanghawu, Kabupaten Sukabumi

Objek wisata pantai di Kabupaten Sukabumi ini kental dengan mitos Nyi Roro Kidul. Meski begitu, pesona keindahan Pantai Karanghawu tak bisa dikalahkan oleh aura horor atau mistis tersebut.

Pantai Karanghawu dengan berbagai keunggulannya menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat. Setelah mengalami revitalisasi, pantai ini semakin cantik karena memiliki beberapa spot foto. Salah satunya adalah tulisan raksasa ‘Pantai Karanghawu’ yang menjadi ikon dari destinasi ini.

Sobat Turisian bisa melakukan sejumlah kegiatan seperti berselancar, memancing, atau wisata kuliner di bibir pantai. Namun kalian sangat tidak disarankan untuk berenang, sebab Pantai Karanghawu memiliki ombak yang cukup besar.

4. Pantai Batu Karas, Kabupaten Pangandaran

Lanjut lagi ke pantai di Jabar yang berada di wilayah Kabupaten Pangandaran yang memiliki banyak objek wisata pantai yang memesona. Salah satunya Pantai Batu Karas yang terkenal dengan ombak yang besar dna menjasi spot selancar terbaik. Tak heran banyak peselancar kelas dunia berdatangan ke pantai ini.

Lokasi Batu Karas tidak jauh dari Pantai Pangandaran dan Green Canyon yang merupakan wisata favorit di Jawa Barat. Selain berselancar, banyak kegiatan lainnya yang bisa Sobat Turisian lakukan di Pantai Batu Karas.

Sobat Turisian bisa bermain banana boat, memancing, atau menikmati keindahan laut di atas perahu. Soal fasilitas sarana dan prasarana, tak perlu khawatir. Sebab sudah berdiri banyak penginapan dan rumah makan yang milik masyarakat sekitar Pantai Batu Karas.

5. Pantai Madasari, Kabupaten Pangandaran

Masih di Kabupaten Pangandaran, ada Pantai Madasari yang kini mulai ramai wisatawan berkunjung. Awalnya pantai di Jabar yang ini cukup sepi karena kalah eksis dari Pantai Pangandaran.

Baca juga: 5 Pantai di Selatan Jawa yang Memesona, Nomor 4 Ada Air Terjunnya!

Meski begitu, keindahan alam Pantai Madasari tak kalah menakjubkan dengan pantai lain di Jabar. Di sini Sobat Turisian bisa berkemah di bibir pantai dan merasakan keasrian alam di Pantai Madasari.*

 

Pos terkait