Menikmati Pesona Pantai Parangtritis dari Atas Bukit Paralayang Parangtritis

bukit paralayang Parangtritis
Bukit Paralayang Parangtritis. (Source: visitingjogja)

TURISIAN.com – Untuk menikmati keindahanan Pantai Parangtritis di Yogyakarta tak melulu harus menginjakkan kaki di pasir atau berbasah-basahan di pantai. Namun Sobat Turisian bisa mencoba sensasi lain menikmati pesona pantai ini dari atas Bukit Paralayang Parangtritis.

Nama Bukit Paralayang berasal sesuai fungsi tempat ini, yaitu untuk aktivitas olahraga paralayang. Letaknya yang berada di perbukitan yang langsung menghadap ke lautan luas, memang sangat cocok untuk melakukan paralayang.

Walaupun menjadi spot olahraga paralayang, tak sedikit pengunjung yang datang ke sini hanya untuk menikmati pemandangan yang tersaji dengan begitu indahnya. Ketinggian tempat ini mencapai 900 mdpl. Sehingga dari atas bukit ini, Sobat Turisian bisa melihat keindahan garis Pantai Parangtritis yang bertemu langsung dengan luasnya Laut Selatan.

Selain menikmati keindahan alam, bagi Sobat Turisian yang sedikit punya nyali bisa mencoba sensasi paralayang. Tak usah khawatir, karena kalian bisa mencobanya dengan tandem bersama para profesional paralayang di sini.

Pilihan waktu terbaik dan favorit datang ke Bukit Paralayang Parangtritis ini, saat menjelang matahari tenggelam. Senja yang eksotis di ufuk barat benar-benar akan menjadi pengalaman Sobat Turisian yang tidak akan pernah terlupakan.

Pada awalnya, Bukit Paralayang Parangtritis hanya merupakan perbukitan biasa. Lalu pada tahun 1991 dibuat landasan beton pertama untuk fasilitas olahraga paralayang. Kemudian berlanjut sekitar tahun 1998, dengan membuat fasilitas pendukung, seperti pendopo joglo, tangga, serta area parkir.

Baca juga: Museum History of Java Yogyakarta Kenalkan Sejarah Jawa Lewat Teknologi AR

Para pegiat olahraga paralayang melakukan aktivitas memacu adrenalin ini, di sekitar Desember – Februari, ketika cuaca cerah dan angina bertiup cukup kencang. Namun dengan perubahan cuaca yang tak menentu, mereka pun kesulitan menentukan jadwal tetap.

Lokasi Bukit Paralayang Parangtritis

Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berjarak sejauh kurang lebih 30 km dari Kota Yogyakarta.

Perjalanan ke tempat tersebut, Sobat Turisian akan melewati jalanan ynag cukup menanjak dan curam. Sehingga sarannya harap menggunakan kendaraan yang kuat untuk menanjak.

Akses Bukit Paralayang Parangtritis sangat mudah Sobat Turisian gapai. Dari Kota Yogyakarta kalian bisa ambil Jalan Parangtritis sampai melewati kawasan Pantai Parangtritis terus ke arah Wonosari. Tiba di pertigaan Girisubi ambil kanan menuju Bukit Paralayang.

Setelah sekitar 1 kilometer, Sobat Turisian akan menemukan pendopo joglo dan area parkir Bukit Paralayang. Dari sini lanjutkan perjalanan dengan menuruni tangga sekitar 100 meter.

Baca juga: Tiga Pantai di Gunungkidul Yogyakarta dengan Aktivitas Watersport Seru

Masuk ke kawasan Bukit Paralayang Parangtritis Yogyakarta ini tidak perlu membayar alias gratis. Hanya ada biaya parkir sebesar Rp3000. Buat yang tertarik mencoba olahraga ekstrem paralayang, biayanya sekitar Rp300.000,-/orang.*

 

Pos terkait