Nih 5 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Desa Wisata Lerep Semarang!

Desa Wisata Lerep
Pedagang di Pasar Kuliner Desa Wisata Lerep Semarang.

TURISIAN.com – Saat liburan di Semarang, Sobat Turisian wajib mampir ke Desa Wisata Lerep. Di sana banyak aktivitas dan spot wisata yang menarik buat kalian nikmati. Dari wisata edukasi, wisata alam, hingga wisata kuliner semuanya ada di desa wisata yang satu ini.

Desa Wisata Lerep berlokasi di Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Desa ini punya 7 dusun yang bisa Sobat Turisian kunjungi. Di antaranya Dusun Tegalrejo, Soka, Lerep, Mapagan, Karangbolo, Indrokilo, serta Lorog. Berhubung lertaknya di kaki gunung, desa wista ini pun memiliki udara yang sejuk dengan angin sepoi-sepoi khas pegunungan.

Nah saat Sobat Turisian mampir ke desa wisata yang satu ini, sedikitnya bisa mencoba keseruan 5 aktivitas wisata berikut ini!

1. Menikmati Edu-eco tour di Desa Wisata Lerep

Sobat Turisian pernah dengar istilah edu-eco tour? Bagi yang belum tahu, edu-eco tour merupakan konsep wisata edukasi yang berkombinasi dengan wisata ekologi.

Di objek wisata ini, ada berbagai aktivitas seru yang lengkap banget. Sobat Turisian bisa memilih membuat permen susu di Kampung Sapi Indrokilo, Proklim Sokaku Asri (Kampung Iklim). Atau mampir ke Dusun Karangbolo untuk belajar membuat keripik.

2. Relaksasi Pikiran di Air Terjun Indrokilo

Kalau Sobat Turisian lagi nyari tempat buat relaksasi pikiran, di sekitar Desa Wisata Lerep ini ada Air Terjun Indrokilo! Lokasinya tidak jauh dari Embung Sebligo serta Watu Gunung.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Hits di Semarang dan Sekitarnya, Menarik Buat Liburan Nanti

Dari tempat parkir kendaraan, Sobat Turisian harus berjalan kaki sekitar 15 menit melewati pepohonan kopi, aren, serta perkebunan warga untuk mencapai air terjun ini. Waktu terbaik mengunjungi Air Terjun Indrokilo ini, yaitu saat musim hujan. Karena debit airnya menjadi lebih besar sehngga pemandangannya pun semakin eksotis.

3. Berburu Spot Swafoto di Embung Sebligo

Jika liburan ke Desa Wisata Lerep, jangan lewatkan mengunjungi Embung Sebligo, sebuah cekungan air menyerupai danau. Sobat Turisian bisa masuk embung ini secara gratis dan nikmati berburu spot swafoto yang tersebar di tempat ini.

Banyak spot foto yang ciamik dan instagenic di sini. Salah satu yang paling favorit yakni spot di tengah embung. Agar bisa ke spot ini, Sobat Turisian bisa menyewa perahu karet yang sudah lengkap dengan jaket pelampung seharga 10 ribu rupiah. Selain itu ada area pemancingan ikan nila dan bawal juga di sini.

4. Petualangan ke Watu Gunung

Keseruan berkunjung ke Desa Wisata Lerep Semarang bisa Sobat Turisian lanjut dengan berpetualang ke Watu Gunung. Spot ini cocok untuk wisata bersama keluarga, sebab banyak wahana menarik.

Ada wahana kolam renang, sungai, serta danau buatan, plus gazebo-gazebo dengan ukiran khas Jawa. Air di kolam renangnya juga sangat segar dan bersih, karena bersumber dari mata air alami di lereng Gunung Ungaran

5. Santap Kuliner di Pasar Kuliner Desa Wisata Lerep

Aktivitas yang terakhir biasanya yang paling wisatawan cari, yakni wisata kuliner. Di desa ini, Sobat Turisian bisa menyantap aneka kuline tempo dulu yang dijual masyarakat setempat di Pasar Kuliner Desa Wisata Lerep.

Uniknya tak hanya makanannya yang jadul, nuansa pasarnya pun tampil klasik seperti zaman dulu. Tampak gubuk-gubuk dari bambu, alat tukar berupa koin dari kayu, serta para pedagang yang mengenakan kostum tradisional. Bakalan membuat Sobat Turisian seakan menjelajah ke masa lalu.

Baca juga: Berburu Keindahan Sunrise di Puncak Gunung Telomoyo Semarang

Di sini tersedia berbagai sajian kuliner khas Lerep yang menggugah selera, mulai dari Nasi Iriban, Bubur Suweg, Kopi Klotok, hingga Dawet Manten. Oh iya perlu Sobat Turisian ketahui, Pasar Kuliner Desa Wisata Lerep hanya buka pada waktu tertentu, yaitu setiap Minggu pon kalender Jawa ya!*

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel

Pos terkait