5 Tempat Wisata Hits di Semarang dan Sekitarnya, Menarik Buat Liburan Nanti

Tempat Wisata Semarang
Bangunan mirip Candi Borobudur di Dusun Semilir. (source: Dispar Kab. Semarang)

TURISIAN.com – Sobat Turisian bingung mau liburan akhir pekan ke mana? Cobain deh ke tempat wisata yang lagi ngehits di Semarang. Bukan hanya tempat wisata baru yang ngehits, tapi juga ada objek wisata lama di Semarang yang disulap menjadi tambah menarik.

Nah berikut ini ada 5 rekomendasi tempat wisata di Semarang dan sekitarnya yang paling hits. Simak informasinya di bawah ini!

1. Kota Lama Semarang

Tempat wisata Semarang yang satu ini sebetulnya sudah lama dikenal oleh banyak orang, baik wisatan lokal maupun luar daerah hingga mancanegara. Kini, Kota Lama Semarang tampil semakin cantik. Area pedestrian semakin luas dan nyaman dengan hiasan berbagai ornamen. Bangunan-bangunan tua bernilai sejarah tampak makin megah.

Di sini, Sobat Turisian juga bisa menikmati beberapa lokasi yang Instagramable. Seperti pohon beringin, depan Gedung Marba, Oudetrap, Taman Srigunting, Gereja Blenduk, dan masih banyak lagi.

Kota Lama Semarang sangat cocok Sobat Turisian kunjungi saat pagi dan menjelang malam hari karena cahayanya sangat bagus untuk berfoto. Selain spot foto yang bagus, Kota Lama juga memiliki fasilitas penunjang, berupa tempat makan, cafe, dan parkir yang tersedia di mana-mana.

Menariknya lagi, tak ada tiket masuk untuk berkunjung ke tempat ini. Sobat Turisian hanya perlu membayar uang parkir, sudah bisa berkeliling dengan puas.

2. Dusun Semilir

Destinasi wisata Dusun Semilir kini tampil dengan konsep baru yang sangat digemari oleh wisatawan, terutama mereka yang berasal dari sekitar Semarang. Saat akhir pekan pun sering terjadi lonjakan wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Baca juga: Wisata Kekinian ala Dusun Semilir Semarang dengan Spot-spot Instagrammable

Lokasinya ada di Ngempe, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. Inspirasi pembuatannya datang dari Candi Borobudur karena bentuk kubah-kubah yang ada di tempat ini mirip seperti Candi Borobudur.

Dusun Semilir memiliki konsep eco-park yang menggunakan unsur alam sebagai daya tarik utamanya. Harga tiket masuknya sekitar 15 ribu rupiah untuk satu orangnya.

3. Gumuk Reco Sepakung

Tempat wisata hits Semarang selanjutnya, ada Gumuk Reco Sepakung yang memiliki pemandangan yang indah berupa tebing dan perbukitan yang hijau. Lokasinya berada di Desa Sepakung, Banyubiru, Kabupaten Semarang.

Di sana Anda bisa berfoto di jembatan yang terletak di pinggir tebingnya serta bisa mencoba ayunan yang memacu adrenalin. Harga tiket masuknya cukup terjangklau.

4. Saloka Theme Park

Kalau di Jakarta ada Dufan (Dunia Fantasi), maka di Semarang ada Saloka Theme Park yang wajib Sobat Turisian coba berbagai wahana yang seru. Tambah lagi dengan berbagai spot selfie.

Tiket masuk per orangnya sekitar 120 ribu rupiah pada hari biasa dan 150 ribu rupiah untuk hari libur dan akhir pekan. Wahana yang tersedia mulai dari anak-anak hingga dewasa.

5. Pandanaran Sky Bridge

Pembangunan Pandanaran Sky Bridge ini semula untuk menghubungkan lahan parkir baru (Gedung DKK Semarang) dengan pusat oleh-oleh Pandanaran. Sebelumnya, wisatawan yang hadir ke pusat oleh-oleh ini sering kerepotan karena lahan parkir yang sempit dan sering membuat macet.

Baca juga: Lima Tempat Wisata Semarang yang Bikin Rileks

Dari kondisi itulah Pemerintah Kota Semarang membangun lahan parkir baru beserta jembatannya. Konsep yang modern dan Instagrammable dari Pandaran Sky Bridge ini ternyata mengundang minat wisatawan untuk berkunjung ke sana. Keindahannya juga mulai tampak kala menjelang malam hari dengan lampu warna-warni yang menghiasinya.*

 

 

 

Sumber & Foto: visitjawatengah

Pos terkait