Terpesona Air Terjun Saluopa Poso yang Cantik Memukau

Air Terjun Saluopa
Air Terjun Saluopa. (Source: Dispar Sulawesi Tengah)

TURISIAN.com – Wilayah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah menyimpan banyak hidden gem objek wisata alam yang memukau. Salah satunya Air Terjun Saluopa yang masih terjaga kealamiannya dan sangat cantik. Melihatnya seperti membayangkan juntaian gaun pengantin dengan kilauan butiran-butiran permata.

Lokasi Air Terjun Saluopa cukup tersembunyi, hingga Sobat Turisian harus masuk jauh ke dalam hutan Sulawesi untuk mencapainya. Dapat Sobat Turisian tempuh dalam waktu 30 menit dari kota Wisata Tentena, Kabupaten Poso.

Uniknya, air terjun ini hampir tidak pernah keruh sepanjang waktu. Sumber airnya mengalir dari hulu puncak Gunung Tangkumbolonci ke hilir sampai ke Danau Tektonik Poso atau sebut saja Danau Poso. Setiap tingkap  Air Terjun Saluopa memiliki kolam-kolam alami dengan kedalaman 2 sampai 3 meter.

Gunung Tangkumolonci sendiri merupakan salah satu gunung dengan jalur tracking yang sangat menantang dan menjadi favorit pencinta alam di kota Tentena, Kabupaten Poso.

Destinasi wisata Sulawesi Tengah ini ramai dikunjungi wisatawan asing yang ingin meneliti burung ataupun ingin  menikmati cantiknya Air Terjun Saluopa. Tempat ini pun tak jarang menjadi tempat ibadah di alam terbuka masyarakat Kabupaten Poso.

Jika berkunjung ke tempat wisata air terjun ini, Sobat Turisian mesti membayar tiket masuk dan parkir kendaraan dengan harga yang terjangkau. Di objek wisata Kabupaten Poso ini juga tersedia penginapan.

Baca juga: Danau Tambing Poso, Spot Camping dan Birding yang Menarik

Selain itu juga terdapat beberapa warung makan yang menyajikan menu makanan khas Tentena. Soal harga makanannya cukup terjangkau. Baik itu untuk makan sendiri atau dalam jumlah group.

Aktivitas Seru di Air Terjun Saluopa Poso

Bagi Sobat Turisian yang ingin menikmati sensasi camping, lokasi wisata Kabupaten Poso ini cukup aman untuk mendirikan berkemah. Beberapa tempat landai di pinggiran air terjun sudah sering menjadi tempat camping.

Bersantai di atas hammock menjadi aktivitas menyenangkan di tempat ini. Karena ditemani dengan panorama Air Terjun Saluopa dan deru air mengalir yang bikin rileks jiwa.

Aktivitas seru lainnya yang bisa Sobat Turisian coba, yaitu berjalan menaiki tingkap-tingkap air terjun menembus derasnya aliran air. Tanpa mengikuti jalur anak tangga yang sudah pengelola sediakan. Namun melakukannya harus hati-hati.

Tips untuk bisa melakukan hal tersebut, Sobat Turisian berjalanlah pada bagian aliran air yang deras dengan langkah yang kokoh. Karena bagian yang tidak dialiri air justru menjadi tempat yang sangat licin dan berbahaya.

Kawasan wisata Air Terjun Saluopa ini semakin ramai. Sehingga menjadi salah satu fokus pengembangan pariwisata di Kabupaten Poso.

Baca juga: Liburan ke Kepulauan Togean, Alam Indah dan Aktivitas Wisatanya Seru!

Beberapa lapak untuk berjualan suvenir atau cendera mata khas daerah ini pun sudah tersedia sekalipun belum tampak setiap hari penjual membuka lapaknya. Mereka biasnaya buka pada saat akhir pekan dan libur nasional.*

Pos terkait