Senja di Pantai Pasir Kencana Pekalongan yang Memesona

Pantai Pasir Kencana
Pantai Pasir Kencana Pekalongan, Jateng. (Source: Pemkot Pekalongan)

TURISIAN.com – Saat menjelang sore setelah seharian berbelanja batik di Pekalongan, Sobat Turisian bisa lanjutkan perjalanan wisata di kota ini menuju Pantai Pasir Kencana. Di tempat ini kalian bisa menikmati panorama alam dan suasana senja dengan sunsetnya yang memesona.

Pantai Pasir Kencana merupakan daya tarik wisata utama Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Lokasinya berada berbatasan dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan Pelabuhan Perikanan Nusantara di Pantai Utara Jawa. Berjarak kurang lebih 4,5 km dan memiliki luas lahan mencapai 1,5 hektare.

Destinasi wisata yang pengelolaannya di bawah Dinas Perhubungan, Pariwisata, dan Kebudayaan Kota Pekalongan ini, buka untuk umum setiap hari, mulai dari pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB.

Tempat ini sangat spesial bagi masyarakat Pekalongan sebab sering menjadi venue penyelenggaraan tradisi budaya. Di antaranya Tradisi Syawalan, di mana masyarakat dari Pekalongan dan sekitarnya berduyun-duyun mengunjungi pantai bersama keluarga setiap tanggal 8 bulan Syawal.

Bukan hanya itu, Pantai Pasir Kencana juga kerap menjadi tempat penyelenggaraan Tradisi Pek Cun. Sebuah tradisi sedekah laut etnis Tionghoa pada tangal 5 bulan 5 penanggalan Imlek.

Baca juga: Yuk Piknik dan Belajar Membatik di Museum Batik Pekalongan!

Pementasan kesenian tradisional dari Pekalongan dan lomba-lomab pun sering berlangsung di kawasan pantai ini. Seperti Tari Sintren, Karawitan, Pentas seni kolaborasi, orkes melayu. Lalu ada lomba memancing, lomba menyanyi, dan lain-lain.

Aktivitas & Fasilitas di Pantai Pasir Kencana Pekalongan

Banyak aktivitas seru yang bisa Sobat Turisian lakukan di pantai yang satu ini. Antara lain ada memancing dan olahraga pantai lainnya.

Buat Sobat Turisian yang malas untuk beraktivitas melelahkan, bisa memilih bersantai sambil menyaksikan matahari terbit atau terbenam. Juga dapat menyaksikan aktivitas nelayan dan perahunya, bisa bermain di taman, atau sekadar menghirup udara pantai yang segar.

Di waktu tertentu, kalian juga dapat menyaksikan pentas Kliwonan Show setiap Hari Jumát Kliwon. Serta menyaksikan langsung kegiatan tradisi Sedekah Laut dan Pek Cun di Pantai Pasir Kencana ini.

Fasilitas yang tersedia di destinasi wisata Pekalongan tersebut, ada taman bermain dan wahana permainan anak-anak. Kemudian panggung terbuka untuk kegiatan hiburan dan pentas seni.

Baca juga: Black Canyon Petungkriyono, Hidden Gem di Pekalongan

Sobat Turisian juga bisa menikmati fasilitas bangku di taman untuk bersantai dan sejumlah wahana permainan yang seru, seperti Becak Air dan Bungee Trampolin. Fasilitas penunjang lainnya, ada warung makan, musala, toilet umum dan kamar mandi bilas, serta lahan parkir.*

 

Pos terkait