Black Canyon Petungkriyono, Hidden Gem di Pekalongan

Black Canyon Petungkriyono
Black Canyon Petungkriyono yang memesona. (source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Tak banyak yang mengira jika Kedung Sipingit Petungkriyono yang dulunya terkenal angker, berubah menjadi “hidden gem” wisata Pekalongan. Kini tengah populer dengan sebutan Black Canyon Petungkriyono.

Semula tak ada yang berani mengunjungi tempat di aliran Sungai Welo Petungkriyono ini karena kesan angkernya begitu kuat. Namun kini kesan itu kian pudar, berkat upaya para pemuda setempat yang terus berusaha mengenalkannya dengan branding kekinian.

Kreativitas para pemuda itu pun telah berhasil membawa Black Canyon Petungkriyono menjadi populer. Bahkan namanya sempat viral di media sosial. Dari situ perubahannya cukup drastis, tempat ini semakin ramai pengunjung.

Rata-rata para pengunjung terpukau dengan kejernihan air sungainya. Sehingga tak sedikit pula yang tertarik berenang dan bermain air. Aktivitas swafoto instagenik nan eksotik pun menjadi hal yang wajib dilakukan di tempat tersebut.

Aliran air yang jernih itu pun semakin memesona karena dihiasi dinding bebatuan hitam pekat di sepanjang sisi sungai. Itulah yang melahirkan sebutan Black Canyon Petungkriyono. Mirip Green Canyon di Pangandaran, namun yang ini bebatuannya berwarna hitam.

Baca juga: Berburu Foto Instagenik di Svargabumi Magelang, Wisata Unik di Tengah Sawah

Nuansa hijau hutan Petungkriyono di sepanjang aliran sungai dan pemandangan hamparan persawahan, menambah keindahan Kedung Sipingit. Banyak juga wisatawan yang berkemah di tempat ini.

Aktivitas lainnya yang bisa dinikmati wisatawan di sana, ada trekking, body rafting, river tubing, hingga memancing. Untuk kegiatan di air tersebut, pengelola pun menyediakan penyewaan jaket pelampung untuk menjaga keselamatan.

Harga Tiket Masuk Black Canyon 

Memasuki kawasan Black Canyon Kedung Sipingit Petungkriyono, pengunjung akan dikenakan tiket masuk seharga Rp 5.000,- per orang. Harga tersebut belum termasuk biaya parkir, penyewaan pelampung, alat river tubing, serta sewa spot berkemah.

Untuk sewa rompi pelampung dan peralatan river tubing cukup mengeluarkan biaya tambahan sekitar Rp 10.000. Sewa area berkemah denngan tenda sendiri seharga Rp 10.000 juga, sangat terjangkau. Kemudian tarif parkir untuk motor Rp 3.000 dan mobil Rp 5.000.

Rute Menuju Kedung Sipingit

Rute menuju Kedung Spingit atau Black Canyon Petungkriyono, bisa dimulai dari pusat Kota Pekalongan. Jaraknya sekitar 30 km dengan waktu tempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam.

Jika berangkat dari Jalan Pantura, perjalanan diarahkan ke Kajen menuju Jalan Watusalam. Hingga tiba di Kecamatan Doro. Kemudian lanjutkan menuju  langsung ke arah Kecamatan Petungkriyono. Ikuti saja jalan tersebut, hingga sampai ke lokasi wisata.

Baca juga: Pesona Pegunungan Kars Desa Wisata Rammang-Rammang yang Menakjubkan

Wisatawan akan melalui rute dengan kontur jalan naik-turun dan berkelok-kelok. Karena lokasi Kedung Sipingit berada di daerah pegunungan.*

 

Pos terkait