Jalan-jalan ke Museum La Galigo Sambil Belajar Sejarah Makassar

Museum La Galigo Makassar
Museum La Galigo Makassar, Sulsel. (Source: kebudayaan.kemdikbud)

TURISIAN.com – Selain memiliki Museum Kota Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan ini juga memiliki Museum La Galigo yang menarik buat list kunjungan Sobat Turisian. Jadi liburan di Makassar tak hanya nongkrong di Pantai Losari, tapi bisa mengenal sejarah kota ini lewat museum.

Museum La Galigo sendiri berada di dalam kawasan objek wisata Benteng Fort Rotterdam. Alamat lokasinya di Jalan Ujung Pandang No. 2, Bulo Gading, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Destinasi wisata edukasi sejarah dan budaya Makassar ini, pendiriannya oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1938. Museum ini sempat berhenti beroperasi pada masa kependudukan Jepang. Namun kemudian setelah kemerdekaan RI, para budayawan Sulawesi Selatan mengambil alih bangunan ini pada tahun 1966.

Semula museum ini bernama Celebes Museum. Baru tahun 1970, museum ini resmi memakai nama La Galigo atas saran seorang seniman setempat. Nama tersebut merupakan nama salah satu putra Sawerigading Opunna Ware, seorang tokoh masyhur dalam mitologi Suku Bugis di Sulawesi Selatan (Sulsel)

Baca juga: Benteng Fort Rotterdam Makassar, Bukti Kejayaan Kerajaan Gowa-Tallo

La Galigo tak hanya menjadi nama museum di Makassar yang satu ini. Tetapi juga menjadi judul sebuah karya sastra yang tertulis dalam Bahasa Bugis. Naskah karya sastra ini sangat tebal, berjumlah 12 jilid dan terdiri dari 6000 halaman.

Di dalamnya mengandung 300.000 bait syair yang menurut pengumpulnya pada abad ke-18 pengawetannya baru sepertiga dari seluruh cerita. Jumlah ini melebihi epos India Mahabarata atau Ramayana yang jumlah barisnya antara 160.000 dan 200.000. Wow luar biasa banget ini, Sob!

Koleksi Museum La Galigo Makassar

Gedung museum di Makassar ini terdiri dari dua lantai. Tercatat ada sekitar 5000 koleksi peninggalan kerajaan yang pernah berkuasa di Sulawesi dapat Sobat Turisian lihat di museum yang satu ini.

Saat mengunjungi Museum La Galigo, Sobat Turisian bisa belajar mengenal sejarah dan budaya Sulawesi Selatan melalui beragam koleksi yang ada. Terdapat pula maket Benteng Ujung Pandang, lukisan, dan alat batu prasejarah.

Bukan hanya menyajikan koleksi prasejarah, di Museum La Galigo juga Sobat Turisian dapat melihat ragam koleksi yang berkaitan dengan arkeologi, etnografi, hingga berbagai warisan budaya Sulawesi Selatan. Seperti koleksi baju adat Sulsel dari masa ke masa.

Baca juga: 5 Tempat Makan Coto Makassar Rekomended di Kota Asalnya

Setelah puas mengeksplorasi semua sudut Museum La Galigo, Sobat Turisian juga bisa melanjutkan rekreasinya dengan mengelilingi area Benteng Fort Rotterdam. Situs bersejarah yang megah dan indah ini pun masih berdiri kokoh sampai sekarang.*

Pos terkait