Tambah Wawasan Sambil Rekreasi di Museum Kota Makassar

Museum Kota Makassar
Museum Kota Makassar. (Source: Dispar Makassar)

TURISIAN.com – Sebelum nongkrong sore di Pantai Losari, tak ada salahnya Sobat Turisian mampir dulu ke Museum Kota Makassar. Biar liburan kalian di Ibu Kota Sulawesi Selatan ini lebih berkesan dan pulang menambah wawasan.

Museum dengan bangunan bergaya Art Deco khas Eropa ini, berlokasi di Jalan Balaikota No.11, Baru, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan. Peresmiannya berlangsung pada 7 Juni 2000 oleh Wali Kota Makassar saat itu, HB. Amiruddin Maula.

Di tempat wisata edukasi Sulawesi Selatan ini, Sobat Turisian dapat menyaksikan sejarah Makassar. Mulai dari periode Kerajaan Gowa Tallo, era kolonial, hingga potret Makassar dari masa ke masa pasca kemerdekaan.

Dulunya, bangunan Museum Kota Makassar ini merupakan Kantor Walikota pada masa pemerintahan Belanda. Gedungnya bernama Gemeentehuis yang berdiri sekitar tahun 1918 oleh pemerintah Belanda. Kemudian pernah menjadi Kantor Bappeda, sebelum akhirnya menjadi museum.

Baca juga: Tiga Masjid Unik di Makassar dengan Bangunan yang Indah Memukau

Salah satu  bukti kuat sejarah masa lampau yaitu keberadaan meriam yang sudah berusia 300 tahun yang dapat Sobat Turisian lihat di tempat ini.

Koleksi Museum Kota Makassar

Saat mengunjungi museum ini, Sobat Turisian dapat merasakan sensasi perjalanan Kota Makassar dari zaman ke zaman. Di lantai pertama, kalian bisa melihat berbagai koleksi lukisan klasik peninggalan Belanda.

Ad pula foto-foto dokumentasi perkembangan Kota Makassar, benda-benda arkeologi. Serta berbagai mata uang yang pernah berlaku di Makassar dari zaman penjajahan hingga saat ini.

Sementara di lantai dua, Sobat Turisian bisa menikmati koleksi yang mayoritas berupa foto-foto dokumentasi. Kemudian ada koleksi sebuah meja yang pernah digunakan oleh Walikota Ujung Pandang dulu.

Baca juga: Terpesona dengan Keindahan Alam Pulau Samalona, Surga Bahari di Makassar

Berikutnya ada pula lambang-lambang kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan dan berbagai pernak pernik tradisional hasil kerajinan rakyat. Dari satu tempat, kita bisa mengenal Kota Makassar lebih dalam lagi. Wah menarik kan buat nambah wawasan Sob?*

Pos terkait