Traveling Jakarta-Bandung Hanya Butuh Waktu 36 Menit, Naik Kereta Ini

Traveling Jakarta-Bandung
Kereta cepat modern putih bergerak di stasiun kereta api saat matahari terbenam. Foto: iStock

TURISIAN.com – Buat kalian yang akan melakukan perjalanan wisata atau traveling Jakarta-Bandung nantinya hanya butuh waktu 36 menit.

Hal ini menyusul segera selesainya proyek Electric Multiple Unit (EMU) atau Kereta Api Cepat Jakarta – Bandung (KCJB).

Rangkaian EMU sendiri sudah  mulai terkirim dari China ke Indonesia, pada Jumat 5 Agustus 2022.

Targetnya pada November 2022 mendatang atau bertepatan dengan penyelenggaraan Presidensi G20, KCJB sudah menjalani tes dinamis.

“Proyek ini merupakan wujud persahabatan Indonesia – Tiongkok yang selalu masuk pembahasan dalam pertemuan kedua negara. Untuk itu mari kita dukung proyek KCJB ini agar dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu 6 Agustus 2022.

BACA JUGA: Potensi Omset Kereta Cepat Jakarta-Bandung, 10 Miliar Per Hari

Menhub menjelaskan KCJB mengadopsi teknologi tinggi. Yaitu Grade of Automation (GOA) Level 1. Serta memiliki desain yang ramping sehingga dapat mendukung akselerasi. Atau kecepatan dari kereta tersebut yang bisa mencapai 350 km/jam.

Nantinya, KCJB akan melayani sebanyak 68 perjalanan setiap harinya dan berhenti pada lima stasiun.

“Waktu tempuh Jakarta-Bandung hanya membutuhkan waktu 36-45 menit. Sebelumnya membutuhkan kurang lebih 2,5 jam untuk sampai tujuan,” kata Menhub.

Kehadiran KJCB sebagai transportasi massal yang ramah lingkungan, tingkat keselematan dan keamanan tinggi harapannya bisa meningkatkan minat masyarakat.

Khususnya, dalam menggunakan transportasi public ketimbang kendaraan pribadi.

“Untuk itu, saya mengimbau kecepatan waktu konstruksi dan integrasi sistem dapat cepat selesai. Hal ini agar manfaat yang sudah masyarakat pengguna kereta api tunggu dapat segera bisa dirasakan,” tutur Menhub.

BACA JUGA: PT KAI Berlakukan Syarat Booster Bagi Calon Penumpang Kereta

Pengiriman Pertama dari China

Sementara itu, Direktur Utama Kereta Cepat Indonesia – China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, pengiriman perdana EMU dan Comprehensive Inspection Train (CIT) tersebut merupakan pertama kalinya pengiriman EMU kereta api cepat dari China ke luar negeri.

Sebanyak 11 rangkaian kereta yang diproduksi oleh CRRC Sifang, Qingdao, Provinsi Shandong, China ini telah selesai produksi pada awal April tahun ini.

EMU dan CIT yang meluncur ke tanah air setelah menyelesaikan static test dan dynamic test pada tempat produksinya.

“Hingga saat ini, progres pengerjaan proyek KCIC telah mencapai 85 persen. Dan masih menyisakan beberapa pekerjaan tunnel 2, pre loading, track laying serta penyelesaian stasiun,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Sesmenkomarves Ayodhia Kalake, Komisaris Utama PT KCIC Ju Guojiang, Plt. Dirjen Perkeretaapian Zulmafendi, perwakilan dari Kementerian BUMN dan para stakeholder terkait.

Nah, saat nanti kereta ini sudah beroperasi, buat kalian yang sering melakukan traveling Jakarta-Bandung atau sebaliknya akan lebih cepat.

Sumber: detikcom

Pos terkait