Tiga Masjid Unik di Makassar dengan Bangunan yang Indah Memukau

Masjid Unik Makassar
Masjid Amirul Mukminin atau terkenal dengan sebutan Masjid Terapung Makassar.

TURISIAN.com – Perjalanan wisata ke Kota Makassar menarik untuk Sobat Turisian lakukan. Kota Daeng ini memiliki beragam daya tarik, dari wisata alam, kuliner, hingga wisata religi. Nah untuk wisata religi, kalian wajib mampir ke sejumlah masjid yang unik dan indah di Makassar.

Sedikitnya ada tiga masjid unik di Makassar yang rekomended banget buat tujuan wisata religi Sobat Turisian saat liburan ke daerah asal kuliner coto ini. Ketiganya punya bangunan yang indah dan memukau siapa pun yang melihatnya.

Makin penasaran kan masjid apa aja yang unik di kota ini? Langsung aja kita cek tiga masjid unik di Makassar berikut ini!

1. Masjid Muhammad Cheng Ho

masjid unik makassar

Destinasi wisata religi masjid unik di Makassar, kita mulai dari Masjid Muhammad Cheng Ho yang berdiri sejak 2012 lalu. Masjid ini mampu menampung hingga 800 jemaah. Berlokasi di kawasan Metro Tanjung Bunga.

Tampilannya sangat indah dan megah berbalut warna merah khas Tionghoa. Sehingga kika dilihat dari kejauhan ataupun secara sepintas, orang akan mengira bangunan ini adalah klenteng.

Baca juga: Terpesona dengan Keindahan Alam Pulau Samalona, Surga Bahari di Makassar

Mengutip dari laman Dispar Makassar, menurut Ustaz Agus Ramdhani selaku Imam Masjid dan Pembina di Pondok Tahfidz  Masjid Cheng Ho menjelaskan, nama masjid ini mengambil dari pejabat Dinasti Ming. Bernama Laksamana Cheng Ho yang juga seorang diplomat dan pendakwah beragama Islam.

Bangunan Masjid Muhammad Cheng Ho berdiri kokoh dan indah. Sangat cocok menjadi salah satu destinasi wisata religi buat Sobat Turisian yang senang mencari pengalaman baru.

2. Masjid Amirul Mukminin Makassar

Lanjut lagi ke Masjid Amirul Mukminin atau yang lebih familiar dengan sebutan “Masjid Terapung” Makassar. Masjid unik ini terletak di Anjungan Pantai Losari, sehingga sangat mudah Sobat Turisian jangkau dan temui. Karena desainnya yang artistik dan berada di destinasi terkenal di Makassar.

Sebutan Masjid Terapung Makassar muncul bukan tanpa alasan. Sebab tempat ibadah umat Islam ini dibangun dengan pondasi tepat di atas air laut hingga tampak terapung. Pembangunannya berlangsung di masa pemerintahan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin.

Saat Sobat Turisian berkunjung ke kota berjuluk “Anging Mammiri” ini, sangat disayangkan jika tidak meluangkan waktu berkunjung ke Masjid Terapung ini.

Baca juga: Benteng Fort Rotterdam Makassar, Bukti Kejayaan Kerajaan Gowa-Tallo

Tak hanya unik, di masjid ini pun Sobat Turisian bisa menikmati ibadah salat dengan nyaman. Tempat ini pun menyajikan pemandangan laut yang indah sehingga nyaman buat menghabiskan waktu. Apalagi saat menanti matahari terbenam dan waktu salat Maghrib tiba.

3. Masjid 99 Kubah Makassar

masjid unik makassar

Di kala senja tiba dan sang surya kembali ke peraduannya, Masjid 99 Kubah Makassar ini sering kali ramai pengunjung atau wisatawan dari berbagai daerah. Mereka terlihat antusias dan senang ke masjid unik Makassar ini untuk menikmati suasana senja sambil menunggu sunset dan azan Maghrib.

Masjid ini menjadi destinasi baru yang digemari pengunjung wisata religi. Desainnya sangat megah dengan kubah berjumlah 99 yang menjadi keunikannya. Corak kuning, orange, merah menjadi latar warna masjid yang memiliki desain elegan karya Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat saat ini.

Selain bisa memanjakan mata dengan desain, Sobat Turisian juga tidak perlu khawatir soal mengisi perut. Karena di kawasan masjid ini terdapat foodcourt lengkap dengan sarana olahraga.

Baca juga: Referensi Kedai Street Food Paling Ngehits di Makassar

Nah untuk menjangkau masjid ini juga sangat mudah. Lokasinya tepat berada di kawasan Center Point Of Indonesia. Masjid ini juga sangat kontras terlihat dari seberang Anjungan Pantai Losari.*

 

 

 

Sumber & Foto: Dispar Makassar

Pos terkait