Berburu Seafood Murah Meriah dan Sedap di Pantai Jetis Cilacap

Seafood Pantai Jetis
Sajian Seafood Pantai Jetis Cilacap, Jateng.

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian pecinta seafood atau makanan laut, wajib merapat nih ke Pantai Jetis di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Objek wisata Cilacap ini memang mempunyai menu andalan seafood yang terkenal murah meriah namun tetap lezat.

Memang banyak yang ragu jika menyantap seafood di tempat wisata pasti mahal. Namun tenang, di Pantai Jetis Cilacap ini, Sobat Turisian bisa menikmati seafood yang tidak sampai mencekik dompet.

Di kawasan pantai ini, Sobat Turisian bisa membeli ikan yang masih segar di pasar ikan atau TPI Mina Usaha. Pasar ikan ini buka setiap hari dari pagi sampai sore dan tidak pernah sepi pengunjung walau bukan hari libur. Baiknya, Sobat Turisian datang ketika masih pagi, saat nelayan baru saja menepikan perahunya. Ikan dan kawanan boga bahari lainnya dijamin masih segar.

Selain ikan, di TPI Pantai Jetis ini juga, Sobat Turisian bisa membeli aneka hasil laut lainnya. Ada cumi-cumi, kepiting, kerang, dan ikannya pun banyak jenisnya. Dari yang masih segar sampai yang sudah menjadi olahan juga ada seperti ikan asin. Mau ikan asin jambal yang berdaging tebal atau teri medan yang lembut kecil-kecil, semuanya bisa Sobat Turisian dapatkan di tempat ini.

Kalau sudah beres membeli seafood sesuai keinginan kalian, Sobat Turisian bisa langsung  menuju ke warung di sekitar pasar ikan. Untuk mengolahnya menjadi masakan yang siap kalian santap. Menu masakannya bisa Sobat Turisian pesan sesuai selera. Mau saos asam manis, saos tiram, bakar-bakaran, atau goreng tepung, ibu pemilik warung siap memasaknya. Pokoknya tahu beres, Sob!

Baca juga: Mencicipi Gembus Singkong, Camilan Khas Cilacap Buat Teman Ngopi

Sobat Turisian tinggal menikmati hidangannya dengan nasi putih hangat dan es kelapa muda sambil duduk menikmati pemandangan pantai. Ada lanskap Pantai Jetis dan Pantai Ayah yang posisinya bersebelahan dan sudah masuk wilayah Kabupaten Kebumen. Hanya ada sebuah kali atau sungai yang menajdi pembatas kedua pantai tersebut.

Untuk harga seafood di Pantai Jetis ini tergolong murah se-Cilacap. Bahkan mungkin termasuk murah daripada tempat wisata lain di luar Cilacap. Harga ikan dan kawan-kawannya memang naik turun tergantung musim tangkapan. Tapi semahal-mahalnya seafood, tidak ada yang lebih murah dari  pasar ikan di Pantai Jetis ini.

Oleh-oleh Pantai Jetis Cilacap

Nah sebelum meninggalkan objek wisata Pantai Jetis Cilacap ini, Sobat Turisian mesti beli oleh-oleh khas di sini buat keluarga di rumah atau teman di kantor. Ada pilihan makanan asli buatan Cilacap, seperti kerupuk tengiri, abon tuna, dan keripik yutuk yang wajib kalian beli karena tidak ada di daerah lain. Yutuk sendiri merupakan undur-undur laut yang banyak hidup di sekitar pantai di Cilacap.

Oh iya, jangan lupa Sobat Turisian setelah nikmat menyantap seafood, dinginkan perut dengan semangka. Kalian bisa membeli buah semangka di pintu masuk Pantai Jetis. Di situ berjajar perkebunan semangka, buah lainnya, dan beberapa sayuran.

Jika sedang musimnya, Sobat Turisian bisa memetiknya langsung di kebun. Asyik banget kan liburan di objek wisata pantai Cilacap ini, Sob!

Baca juga: Kemit Forest, Wisata Hutan Kekinian dan Hits di Cilacap

Lokasi Pantai Jetis ini berada di Kecamatan Nusawungu, bagian ujung timur dari Cilacap. Berjarak kurang lebih 49 km dari pusat kota Cilacap. Berbatasan langsung dengan Kabupaten Kebumen.*

 

 

 

Sumber & Foto: visitjawatengah

Pos terkait