Petualangan ke Pulau Panaitan, Pesona Alam di Taman Nasional Ujung Kulon

Pulau Panaitan
Pulau Panaitan di TNUK Banten. (Source: Dispar Banten)

TURISIAN.com – Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) tak hanya memiliki daya tarik satwa langka seperti badak bercula satu. Namun juga menyimpan pesona alam yang menakjubkan bagai surga tersembunyi. Salah satunya Pulau Panaitan, yang terkenal dengan ombaknya yang besar dan cocok untuk spot para peselancar. Hingga membuat para surfer terus berdatangan ke pulau yang satu ini.

Panaitan sendiri merupakan sebuah pulau yang terletak paling barat di ujung Semenanjung Kawasan TNUK yang terpisahkan selat sempit. Keindahan alamnya tak kalah menariknya dengan Pulau Peucang. Pulau seluas kurang lebih 17.000 Ha ini memiliki berbagai potensi objek wisata alam yang sangat menarik untuk Sobat Turisian kunjungi.

Panorama alam sekitarnya berupa perbukitan dengan hutan yang masih asli. Perpaduan dari vegetasi hutan mangrove, hutan pantai, dan hutan hujan dataran rendah. Kondisi hutannya yang masih asli ini menjadi habitat berbagai jenis satwa liar. Seperti rusa, kancil, babi hutan, kera ekor panjang, buaya, kadal, ular phyton, dan aneka jenis burung.

Baca juga: Pulau Oar Banten yang Indah, Suasananya Bikin Pikiran Tenang

Di Pulau Panaitan ini juga, Sobat Turisian bisa melihat Arca Ganesha beserta benda-benda peninggalan sejarah lainnya yang mempunyai nilai historis sangat tinggi. Benda ini merupakan peninggalan zaman Hindu kuno, tepatnya di Puncak Gunung Raksa.

Keindahan Pantai di Pulau Panaitan TNUK

Daya tarik lain yang bisa Sobat Turisian nikmati di sini, yakni kawasan pantai berbatu dan berpasir putih. Belum lagi keindahan bawah lautnya yang menyajikan terumbu karang yang menawan. Sangat asyik buat Sobat Turisian melakukan kegiatan menyelam atau snorkeling.

Selain itu, di beberapa spot kawasan daratan Pulau Panaitan sudah tersedia jalan setapak untuk mengakomodasikan kegiatan petualangan di alam bebas di sini. Namun belum tersedia fasilitas pendukung wisata lainnya, terutama layanan akomodasi yang memadai bagi wisatawan.

Pulau tropis yang sangat indah ini tak hanya berlatar belakang kehidupan alam yang liar dan eksotik. Tapi terkenal memiliki pantai yang mempunyai ombak kelas dunia yang hangat, air biru jernih, dan jauh dari keramaian.

Baca juga: Tasikardi, Danau Buatan Peninggalan Kejayaan Kasultanan Banten!

Berhubung Pulau Panaitan terletak dalam wilayah Taman Nasional Ujung Kulon, maka pulau ini pun termasuk bagian dari situs warisan dunia UNESCO. Bersama dengan Pulau Peucang dan Pulau Handeuleum yang juga masih berada di kawasan TNUK.*

Pos terkait