Air Terjun Tukad Cepung Bali, Wisata Alam yang Unik dan Memukau

Air Terjun Tukad cepung
Air Terjun Tukad Cepung di Bangli, Bali. (Source: Disparda Prov. Bali)

TURISIAN.com – Kabupaten Bangli di Pulau Dewata merupakan wilayah yang tak memiliki pantai. Meski begitu, bukan berarti Bangli tidak menarik untuk dikunjungi. Justru di sini terdapat destinasi wisata alam pegunungan, danau, hingga air terjun yang memukau. Seperti Air Terjun Tukad Cepung atau banyak yang menyebutnya Tukad Cepung Waterfall.

Sebelum Sobat Turisian mencapai air terjun tersebut, Sobat Turisian akan berjumpa dengan air pancuran penglukatan yang berjumlah 9 buah. Namun hanya bisa digunakan oleh pengunjung sebanyak dua buah pancuran. Tujuh pancuran lainnya hanya berfungsi untuk keperluan keagamaan dan hanya bisa dicapai oleh orang-orang yang telah disucikan.

Air Terjun Tukad Cepung termasuk salah satu tempat paling unik di Bali. Sinar matahari yang menembus ke gua bersama dengan air yang jatuh.

Baca juga: Mengenal Sejarah dan Budaya Pulau Dewata di Museum Bali

Kalau Sobat Turisian cukup beruntung untuk mengejar air terjun di hari yang cerah. Maka akan mendapatkan suguhan sinar matahari yang menakjubkan. Bersinar langsung melalui puncak air terjun dan menciptakan sinar alami melintasi ngarai seperti formasi batuan.

Wisata Air Terjun Tukad Cepung Bali

Begitu tiba di objek wisata alam Bangli ini, Sobat Turisian akan melihat aliran air terjun yang seolah-olah datang dari langit.

Pencahayaan matahari yang masuk dari atas dan menyinari bagian air terjun, menjadikannya tampak bersinar terang. Kemudian cahayanya mampu membuat orang-orang yang datang ke sana mendapat pengalaman spiritual yang besar.

Dari semua destinasi wisata air terjun di Bali, Air Terjun Tukad Cepung menjadi yang paling unik dan memesona yang dapat Sobat Turisian kunjungi. Jangan lupa juga untuk menikmati sejumlah spot swafoto dan fotografi yang sangat populer.

Perjalanan untuk turun ke lokasi Tukad Cepung cukup mudah. Meskipun tidak seperti kebanyakan curug di Bali, menuju air terjun ini, Sobat Turisian harus mengarungi sungai setinggi lutut.

Baca juga: Air Terjun Tibu Sampi Tabanan Bali Berair Bening dan Rasanya Manis

Kemudian melewati beberapa batu untuk sampai ke sana. Lokasi wisata air terjun ini sendiri terletak di Dusun Penida Kelod, Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali.

 

Pos terkait