Monumen Bajrasandi Bali yang Menakjubkan, Wariskan Semangat Patriotisme

Monumen Bajrasandi Denpasar Bali
Monumen Bajrasandi di Denpasar, Bali. (Source: Dispar Denpasar)

TURISIAN.com – Saat piknik ke Bali cobalah Sobat Turisian mampir ke Monumen Bajrasandi di Denpasar. Selain bisa menikmati kemegahan bangunannya yang menakjubkan, Sobat Turisian juga bisa menambah wawasan soal semangat perjuangan rakyat Bali.

Lokasi Monumen Bajrasandi sangat strategis karena terletak di depan Kantor Gubernur Bali. Tepatnya di Lapangan Nitimandala Renon, Kecamatan Denpasar Timur. Monumen ini  memiliki luas bangunan 4.900 m2 dan luas tanah 138.830 m2.

Pembangunannya bertujuan untuk mengabadikan semangat perjuangan rakyat  Bali dari masa ke masa. Serta semangat patriotisme sekaligus memberi penghormatan kepada  para pahlawan.

Daya tarik utama monumen di Denpasar ini, yaitu bangunannya yang megah dengan aritektur khas Bali. Berbentuk bajra (genta) yang merupakan desain dari Ida Bagus Gede Yadnya yang pada saat itu berstatus sebagai mahasiswa Jurusan Arsitektur, Universitas Udayana Denpasar.

Berkat rancangan gemilangnya ini, Ida Bagus Gede Yadnya berhasil menjadi juara dalam lomba pembuatan desain Monumen Perjuangan Rakyat Bali. Pelaksanaannya pada tahun 1981 dengan menyisihkan para seniornya.

Baca juga: Yuk Belajar Pertanian di Wisata Subak TEBA Majalangu Denpasar Bali!

Setelah melalui penyempurnaan rancangan dan gambar, pada Agustus 1988 melalui APBD Provinsi Bali dilakukan peletakan batu pertama pembangunan monumen. Kemudian monumen ini dapat selesai pada tahun 2001. Peresmiannya pada tanggal 14 Juni 2003 oleh Presiden RI Megawati Soekarno Putri.

Bangunan Monumen Bajrasandi Bali

Secara horizontal, susunan bangunan berbentuk segi empat bujur sangkar simetris dan mengacu pada konsep Tri Mandala. Lalu secara vertikal, monumen ini juga terbagi menjadi tiga bagian yang mengacu pada konsep Tri Angga.

Di bagian lantai tengah Monumen Bajrasandi terdapat  33 buah unit diorama yang berdimensi 2 x 3 meter. Di spot ini, Sobat Turisian bisa belajar tentang proses masa ke masa kehidupan orang Bali hingga sejarah sejarah perjuangan rakyat Bali melalui gambar diorama.

Pembuatan diorama yang mengisahkan tentang perjuangan rakyat Bali ini adalah untuk merekonstruksi kembali peristiwa-peristiwa sejarah penting yang pernah terjadi di Bali. Sehingga apa yang tersirat di dalamnya akan lebih memudahkan para generasi muda untuk mengapresiasikan dan memetik nilai serta maknanya.

Monumen Perjuangan Rakyat Bali ini berdiri dengan tujuan untuk mengabadikan jiwa perjuangan rakyat Bali dari masa ke masa. Dan yang paling penting dapat mewariskan semangat patriotisme kepada generasi muda saat ini.

Dalam wujud rela berkorban, cinta tanah air, cinta persatuan dan kesatuan, cinta perdamaian. Kebersamaan dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jam Buka Monumen Bajrasandi Bali

Destinasi wisata edukasi sejarah di Denpasar, Bali ini buka setiap hari. Untuk Senin hingga Jumat mulai dari pukul 08.00 WITA sampai dengan 17.00 WITA.

Baca juga: Mengenal Sejarah dan Budaya Pulau Dewata di Museum Bali

Sementara pada Sabtu mulai dari pukul 09.30 WITA sampai 17.00 WITA. Serta hari Minggu buka dari pukul 10.00 WITA sampai dengan 17.00 WITA.*

 

Pos terkait