Pesanggrahan Warungboto, Situs Pemandian Keluarga Keraton Yogyakarta

Pesanggrahan Warungboto Yogyakarta
Pesanggrahan Warungboto Yogyakarta

TURISIAN.com – Wisata budaya dan sejarah ke Yogyakarta sangat menarik dan jadi pilihan tepat buat Sobat Turisian. Di Kota Gudeg ini banyak sekali situs budaya dan sejarah peninggalan masa lalu, terutama peninggalan Keraton Yogyakarta. Salah satu yang menarik yaitu situs Pesanggrahan Warungboto.

Pesanggrahan Warungboto ini merupakan situs cagar budaya yang menjadi destinasi wisata sejarah di Kota Yogyakarta. Lokasinya beralamat di Jalan Veteran No.77, Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Warungboto atau Pesanggrahan Warungboto tampil dengan gaya arsitektur mirip dengan Istana Air Tamansari. Penemuan sebuah mata air yang disebut “tuk umbul” di sini, memberi petunjuk bahwa fungsi Warungboto juga merupakan tempat mandi keluarga Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Cagar budaya Warungboto Yogyakarta tersebut, pembuatannya oleh Sultan Hamengkubuwono II ketika menjadi putra mahkota pada periode tahun 1765-1792. Pesanggrahan ini berdiri pada dua sisi, yaitu barat dan timur menghadap Sungai Gajah Wong.

Layaknya tempat beristirahat bagi keluarga, Pesanggrahan Warungboto  ini lengkap dengan taman yang asri, segaran, kolam, dan kebun di sisi timur. Lalu di sisi barat, Sobat Turisian bisa melihat dari dekat kompleks bangunan berkamar dan dua kolam pemandian.

Baca juga: Nongkrong Asik di Bukit Bintang Gunungkidul Jogja, Pas Buat Wisata Malam

Kolam pertama berbentuk lingkaran dan di bagian tengahnya terdapat pancuran air atau umbul dari mata air yang sangat jernih. Sementara kolam kedua berbentuk persegi panjang.

Bangunan Pesanggrahan Warungboto tampak megah karena kekokohan dindingnya. Kemudian juga struktur bangunan dengan lorong, pintu, dan jendela beraksen lengkung pada bagian atas. Sehingga menambah kesan eksotis.

Jam Operasional & Tiket Pesanggrahan Warungboto

Objek wisata Kota Jogja ini menjadi tujuan masyarakat sekitar ataupun wisatawan untuk sekadar bersantai bersama teman atau keluarga. Bahkan terkadang menjadi tempat pre-wedding. Untuk menikmati semua itu, Sobat Turisian dapat masuk ke dalamnya pada jam buka pukul 07.00 hingga 16.00 WIB.

Menariknya lagi, masuk ke Pesanggarahan Warungboto gratis tanpa harus bayar tiket, termasuk foto prewedding. Hal yang tidak boleh dilakukan lainnya di Pesanggrahan Warungboto adalah memakai sepatu dengan heels dan vandalisme.

Baca juga: Berburu Sunrise di Gunung Ireng Yogyakarta, Ada Gubuk Kayu yang Instagenik!

Saat berkunjung ke pesanggrahan ini, Sobat Turisian harus turut menjaga bangunan dan lingkungan cagar budaya ini. Agar keberadaannya tetap lestari dan menjadi objek wisata edukasi yang menarik bagi anak-anak.*

 

 

 

Sumber & Foto: Dispar Kota Yogyakarta

Pos terkait