Air Terjun Oenesu, Surga Keindahan Alam di Tanah Kupang

Air Terjun Oenesu Kupang
Air Terjun Oenesu Kupang. (Source: Dispar Kab. Kupang)

TURISIAN.com – Wisata ke Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) jangan sampai terlewatkan objek wisata Air Terjun Oenesu. Lokasinya berada di Desa Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang.

Berjarak kurang lebih 20 km dari Kota Kupang atau 56 km dari Ibu Kota Kabupaten Kupang di Oelamasi. Untuk sampai ke lokasi ini, Sobat Turisian bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Kondisi jalannya baik sehingga memudahkan Sobat Turisian untuk sampai di Air Terjun Oenesu.

Keunikan Air Terjun Oenesu, memiliki ketinggian 10 meter dan berundak dengan 4 tingkatan air terjun. Pesona keindahannya pun bertambah dengan bebatuan besar tempat air terjun turun. Batuan besar ini sering menjadi spot keseruan untuk melakukan cliff jumping ke kolam utama.

Kondisi kolam jatuhan air terjunnya cukup lebar serta di setiap tingkatan memiliki level yang berbeda-beda dari segi kedalaman kolamnya. Namun di destinasi wisata Kupang ini pun tersedai kolam alami untuk area bermain air anak-anak.

Baca juga: Gunung Fatubraun Kupang dengan Panorama Alam yang Eksotis dan Memikat Mata

Tak hanya air terjunnya yang memesona, kawasan wisata air terjun ini juga memiliki panorama alam yang indah. Berpadu dengan deretan pepohonan tinggi dan hawa yang sejuk, akan membuat Sobat Turisian nyaman dan betah di tempat ini.

Di destinasi wisata ini, Sobat Turisian juga bisa hanya bersantai menikmati indahnya pemandangan air terjun dengan suasana yang sejuk dan bersih untuk melepas kepenatan. Atau memilih berbagai aktivitas seru di air terjun, di antaranya bermain air, berenang, memancing, dan berswafoto dengan latar yang berbeda-beda yang tentunya eksotik.

Fasilitas & Tiket Masuk Air Terjun Oenesu

Kawasan Air Terjun Oenesu Kupang telah dilengkapi dengan fasilitas pendukung oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kupang. Fasilitas-fasilitas ini dapat Sobat Turisian nikmati, mulai dari jalan setapak, jembatan penyeberangan, lopo-lopo, rumah payung, toilet umum. Lalu ada warung yang menjajakan minuman atau makanan ringan, serta area parkir kendaraan roda dua dan roda empat yang luas.

Objek wisata Kupang ini buka setiap hari, mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 18.00. Untuk masuk ke sini, Sobat Turisian harus bayar tiket masuk dengan harga yang terjangkau. Mulai dari Rp. 2.000 untuk orang dewasa, Rp. 1.000 untuk anak-anak, dan biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 1.000 untuk roda dua dan Rp. 2.000 untuk roda empat.

Baca juga: Berwisata ke Pulau Kepa Alor, Menikmati Alam yang Indah Memesona

Selain Air Terjun Oenesu, masih banyak lagi keindahan wisata di Kabupaten Kupang. Antara lain Air Tejun Tesbatan dan Pantai Manikin yang menyajikan pesona alam yang memukau.*

 

Pos terkait