Refreshing Dulu ke Pulau Kelapa Bima dengan Alam yang Menakjubkan

Pulau Kelapa Bima
Pulau Kelapa di Kabupaten Bima. (Source: Dispar Kab. Bima)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang penat dengan rutinitas pekerjaan, saatnya refreshing dulu ke destinasi wisata Pulau Kelapa. Tempat ini berlokasi di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pulau Kelapa di Bima ini sangat cocok bagi Sobat Turisian yang suka berpetualang ke objek alam yang masih terbilang alami dan jarang pengunjung. Begitu tiba di spot wisata NTB ini, Sobat Turisian akan terpana dan terkagum-kagum menyaksikan terumbu karang yang lestari dan hamparan laut biru.

Selain itu sebaran pulau-pulau kecil di perairan laut menambah daya tarik Pulau Kelapa Bima. Tidak ada sudut di pulau ini yang tidak menarik dan cocok sekali buat latar foto instagenik Sobat Turisian.

Masyarakat sekitar menyebut destinasi ini sebagai Pulau So Lampu, karena terdapat sebuah mercusuar dan menara. Di sini juga, Sobat Turisian bisa melihat sebuah bunker peninggalan pemerintah kolonial Belanda.

Pulau yang terletak di ujung timur wilayah Kabupaten Bima tersebut memiliki luas mencapai 5.850 hektare. Terdiri dari perbukitan yang banyak tumbuh rumput ilalang, sehingga makin memikat mata.

Sunrise & Sunset di Pulau Kelapa Bima

Kala pagi hari menyongsong, Sobat Turisian bisa menikmati keindahan matahari terbit yang seakan tersenyum menyapa kalian. Lalu saat seja tiba, Sobat Turisian akan disuguhi fenomena sunset yang menghipnotis, sejenak membuat kalian enggan untuk beranjak.

Baca juga: Menikmati Pesona Alam Hingga Bertemu Kuda Pacu di Pantai Kalaki Bima

Dari atas perbukitan sekitar, Sobat Turisian bisa memandangi pesona bukit hijau dengan garis pantai berliku dan berpasir putih. Laut biru kehijauan terbentang sejauh mata melihat, menambah kesan eksotis.

Di  dekat Pulau Kepala pun terdapat pulau-pulau dan karang-karang kecil. Lebih seru lagi, Sobat Turisian bisa camping sekalian menikmati pegunungan dan lautannya yang luas di suasana malam.

Lokasi & Rute ke Pulau Kelapa Bima

Pulau Kelapa berlokasi di Desa Wisata Lambu, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, NTB. Berada di sebelah timur Kabupaten Bima, berbatasan dengan Pulau Komodo dan Labuan Bajo sebagai Desinasi Wisata Super Prioritas Indonesia.

Untuk menuju Pulau Kelapa, Sobat Turisian bisa mengaksesnya dari Pelabuhan Sape. Membutuhkan waktu 2,5 jam menggunakan perahu sedang (dua mesin).

Baca juga: Berpetualang ke Destinasi Wisata di Sekitar Gunung Tambora Sumbawa

Jika ingin lebih cepat, Sobat Turisian bisa memilih menggunakan speedboat yang hanya menempuh waktu sekitar 40 menit. Namun tentunya harga sewanya lebih mahal daripada naik perahu. Masuk objek wisata alam Kabupaten Bima ini, Sobat Turisian tak perlu membayar tiket masuk alias gratis.*

Pos terkait