4 Kota Ini Jadi Favorit Wisatawan Selama Libur Lebaran

Wisatawan saat menikmati keindahan alam di Glamping Lakeside Rancabali (GLR). Sesuai dengan namanya tempat ini berada di pinggir danau, tepatnya di Jl Situ Patengan, Patenggang, Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung. (Turisian.com/Duta Ilham)

TURISIAN.com – Banyak masyarakat yang memanfaatkan momentum Libur Lebaran untuk berkunjung ke tempat wisata.

Ada 4 kota besar di Indonesia yang menjadi favorit warga dalam memilih tempat wisata untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Dimana saja 4 kota yang menjadi buruan wisatawan domestic tersebut?

Tidak lain, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Bali. Empat daerah ini  menjadi kota favorit wisatawan selama libur lebaran.

BACA JUGA: Objek Wisata Indramayu Siap Menyambut Wisata, Ada Pantai Tirtamaya

Bahkan berdasarkan pemesanan early booking terjadi kenaikan hingga lebih dari 13 persen dibandingkan pekan ketiga April.

“Antusiasme masyarakat untuk kembali traveling dan mudik ke kampung halaman tahun ini diprediksi akan tinggi,” kata Country Head OYO Indonesia Agus Hartono Wijaya, dikutip dari siaran resmi, Senin 2 April 2022.

Tren Libur Lebaran

Tren perjalanan pada momentum libur Lebaran tahun ini pun diprediksi masih akan mengikuti tren 2021.

Menurut OYO Travelopedia 2021, yang telah melakukan survei kepada dua ribu partisipan di berbagai negara.

BACA JUGA: Objek Wisata Yogyakarta Siapkan Layanan Aduan Online Pengunjung di Libur Lebaran

Termasuk di Indonesia, ada peningkatan tren selama 2021 dalam hal perjalanan menuju destinasi di wilayah terpencil dan dekat dengan nuansa alam. Hingga preferensi bepergian jalur darat dengan kendaraan pribadi atau road-trip.

Selain itu, lebih dari sepertiga responden Indonesia mengungkapkan lebih menyukai dan memilih bepergian dengan mobil. Atau sepeda motor pribadi untuk melakukan perjalanan melalui jalan darat.

Diperkirakan juga pada momen libur Lebaran 2022, hampir 40 persen pemudik akan menggunakan jenis kendaraan pribadinya. Pilihan, untuk melakukan perjalanan ke kampung halamannya.

BACA JUGA: Dua Objek Wisata dengan Nama Teletubbies di Yogyakarta

Dalam hal menginap pun, hotel menjadi pilihan utama dibanding tipe akomodasi lainnya.

Tren dan preferensi wisatawan di era pandemi yang mulai beralih ke wisata alternatif. Dengan konsep wisata yang lebih bersahabat dengan alam dan masyarakat lokal, juga akan mempengaruhi tren traveling di momentum libur Lebaran tahun ini.

“Pemudik yang datang ke kampung halaman juga diprediksi akan mengunjungi tempat wisata terdekat di kota tujuan,” paparnya.

BACA JUGA: Tiga Taman di Area Balai Kota Bandung, Cocok Buat Rekreasi Hari Lebaran di Bandung

“Guna mengakomodasi tingginya minat pemudik untuk berlibur di kota tujuan, OYO bersama pemerintah pusat dan daerah telah berkomitmen untuk mempromosikan Desa Wisata sebagai destinasi pilihan bagi para wisatawan,” sambung Agus.

Salah satunya promosi yang dihadirkan yakni melalui akomodasi berkualitas yang sudah terstandarisasi di Desa Wisata, dan dapat secara mudah ditemukan di aplikasi OYO. ***

Pos terkait