Dimana Saja Objek Wisata di Surabaya yang Buka Saat Libur Lebaran

Objek Wisata di Surabaya
Tugu Pahlawan (Tugu Pahlawan) adalah simbol utama kota, yang didedikasikan untuk orang-orang yang meninggal selama Pertempuran Surabaya pada 10 November 1945. (iStock)

TURISIAN.com – Objek wisata di Surabaya, Jawa Timur memberikan layanan khusus di momen libur Hari Raya Idul Fitri 2022.

Layanan tersebut yakni membuka taman rekreasi untuk dikunjungi masyarakat yang ingin berlibur usai perayaan Idul Fitri.

Sejumlah objek destinasi wisata di Kota Surabaya, Jawa Timur, tetap buka selama Lebaran tahun ini diantaranya Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, Alun-alun Surabaya, Tugu Pahlawan hingga Kebun Binatang Surabaya (KBS).

“Jadi, selama libur Lebaran aktivitas destinasi wisata tetap buka. Misalnya di THP Kenjeran, Alun-alun Surabaya, Tugu Pahlawan dan KBS itu kami buka,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Dispudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widayati di Surabaya, Senin 2 April 2022.

BACA JUGA: Maskapai Citilink Buka Rute Baru Surabaya-Sumenep, Ini Jadwal Lengkapnya

Selain objek wisata THP Kenjeran, kata Wiwiek, pihaknya juga membuka destinasi lainnya yang masih berada di kawasan Kota Surabaya.

“Jadi biar konsentrasinya tidak hanya di THP Kenjeran,” ungkapnya.

Sebab, lanjut dia, saat libur Lebaran pada 2019 lalu atau sebelum pandemi COVID-19, kunjungan wisatawan lebih banyak mendominasi di THP Kenjeran Surabaya.

Bahkan saat itu, kunjungan wisatawan di THP Kenjeran mencapai 21.000 orang.

“Dua tahun tidak buka karena pandemi, kemudian dibuka kembali saat tahun baru 2021 itu posisinya 5.069 pengunjung. Jadi antisipasi kami seperti itu,” kata dia.

BACA JUGA: 14 Wisata Kuliner Surabaya Terpopuler yang Enak dan Murah, Bikin Ketagihan

Selain THP Kenjeran, Wiwiek menyebut, Jembatan Suroboyo yang letaknya tidak jauh dari THP Kenjeran juga dibuka pada saat libur Lebaran.

Selain sebagai objek destinasi wisata, lanjut dia, pembukaan Jembatan Suroboyo itu dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan di kawasan tersebut.

Sedangkan untuk museum Tugu Pahlawan yang berada di Jalan Pahlawan Surabaya pada tanggal 2 dan 3 Mei ditutup, namun selebihnya dibuka untuk umum.

“Untuk Alun-Alun Surabaya, tetap dibuka selama libur Lebaran mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB,” ujar dia.

***

Pos terkait