Sedapnya Singang, Makanan Khas Sumbawa Berbahan Ikan Laut

Singang khas Sumbawa
Tampilan Singang khas Sumbawa yang menggugah selera. (dok. Disbudpar NTB)

TURISIAN.com – Khazanah kuliner Nusantara sangat beragam. Di setiap daerah memiliki makanan khas yang menggugah selera. Seperti Singang, makanan khas Sumbawa, Nusa Tenggara  Barat.

Singang sering juga disebut Singan. Kuliner primadona dari Tana Samawa tersebut, merupakan masakan tradisional dengan resep turun temurun. Sepintas tampilannya mirip gulai ikan karena berkuah kuning. Namun singang mempunyai cita rasa dan pesonanya sendiri.

Makanan khas Sumbawa ini berbahan dasar ikan laut segar, biasanya jenis bandeng atau kakap. Kemudian dimasak dengan kuah yang berbumbu rempah sederhana. Seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, dan asam jawa. Saat ikan sudah mulai matang, tambah cabai dan kemangi sebagai pelengkap.

Kuah kuning dari masakan ini sangat menyegarkan dengan warna-warna cerah dari bumbunya. Warna kuning dari kunyit dipadu dengan warna hijau dari daun kemangi dan warna merah dari cabai rawit.

Perpaduan bumbu rempah itu menghasilkan kuah yang segar bercita rasa pedas dan asam. Lebih nikmat menyantapnya dengan nasi putih hangat.

Baca juga: Cicipi Kelezatan Aneka Kuliner Khas Mandalika Lombok

Bagi Sobat Turisian yang berkesempatan berlibur ke daerah Sumbawa, bisa dengan mudah untuk mencicipi kelezatan singang. Karena masakan khas ini tersedia di beberapa warung makan lokal setempat, seperti di lokasi wisata Pantai Goa.

Tak hanya kaya akan bumbu rempah dan menggugah selera, singang juga memiliki sejumlah varian. Antara lain singang toar, singang bukat, singang basah, singang asam, sakepak, mangkela, dan pengat.

Bahan-Bahan untuk Singang

Nah, bagi Sobat Turisian yang hobi memasak, bisa mencoba membuatnya di rumah. Berikut ini bahan-bahan dan resep Singang khas Sumbawa.

Bahan-Bahan:

  • Ikan kakap/bandeng 250 gram,
  • Bawang merah 5 butir (iris halus),
  • Kemangi secukupnya,
  • Minyak goreng untuk menumis secukupnya
  • Asam 3 ruas dan tambah air untuk rendaman asam

Bumbu Halus

  • Bawang putih 1 butir
  • Kemiri 2 biji
  • Cabe rawit 5 buah
  • Tomat 1 buah
  • Kunyit 2 cm
  • Garam 1 sendok makan
Cara Membuat Singang

Bahan utama ikan laut dicuci terlebih dahulu hingga bersih kemudian sisihkan. Lalu tumis irisan bawang merah sampai harum. Masukkan bumbu halus yang dicampur dengan air asam, aduk rata, dan biarkan hingga mendidih.

Baca juga: Yuk Coba Nikmati 5 Aktivitas Wisata Olahraga di Mandalika Lombok Berikut Ini!

Setelah mendidih, baru masukkan ikan dan beri gula putih secukupnya. Aduk perlahan dan masukkan cabai hijau, biarkan mendidih. Terakhir, beri kemangi lalu aduk kembali dan icip-icip dulu untuk tes rasa.  Jika sudah pas dan matang, angkat kemudian tuang di wadah saji dan siap menyantapnya.*

 

 

Pos terkait