7 Tempat Wisata di Dataran Tinggi Dieng yang Memesona, Menarik untuk Dikunjungi!

wisata dataran tinggi dieng
Telaga Warna, slaah satu tempat wisata menarik di dataran tinggi Dieng. (iStock)
Telaga Cebong

Dalam perjalanan menuju ke Bukit Sikunir, Sobat Turisian bisa menikmati dulu keindahan Telaga Cebong ini. Telaga ini pun menjadi titik awal untuk memulai mendaki ke Bukit Sikunir, sekaligus tempat parkir kendaraan.

Di sekeliling Telaga Cebong, Sobat Turisian bisa mendirikan tenda jika akan berkemah. Sembari menunggu waktu untuk mendaki Bukit Sikunir pada dini hari. Area camping-nya juga terbilang luas dan mampu menampung ratusan tenda.

Telaga Warna

Selain Cebong, Telaga Warna lebih populer dan menjadi salah satu ikon wisata di Dieng. Di tempat favorit para pengunjung ini, Sobat Turisian bisa menyusuri jalan setapak untuk mengelilingi danau sambil menikmati keindahannya.

Nama Telaga Warna lahir dari fenomena unik perubahan warna air telaga ini.  Mulai dari hijau, kuning, atau seperti warna pelangi. Hal ini disebabkan kandungan belerang yang cukup tinggi di Telaga Warna.

Batu Pandang Ratapan Angin

Objek wisata Batu Pandang Ratapan Angin menjadi lokasi yang tepat untuk menikmati Telaga Warna dari ketinggian. Akses masuk ke lokasi ini berada tak jauh dari Telaga Warna. Sobat Turisian tinggal berjalan kaki saja menuju ke sana.

Candi Arjuna

Berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng tak lengkap rasanya tanpa elihat kompleks Candi Arjuna dari dekat. Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Di sana, terdapat 5 candi yang berjajar lurus.

Selain menjadi daya tarik wisata, kompleks Candi Arjuna juga merupakan tempat ritual adat tahunan yakni cukuran rambut gimbal. Sobat Turisian juga dapat menikmati fenomena embun upas atau kristal es yang muncul di titik ini.

Kawah Sikidang

Berada tak jauh dari Candi Arjuna, ada objek wisata Kawah Sikidang. Jadi Sobat Turisian sekaligus mengunjunginya dengan candi Arjuna.

Baca juga: 3 Tempat Terbaik Menikmati Pesona Waduk Gajah Mungkur dari Ketinggian

Sikidang merupakan salah satu kawah vulkanik yang masih aktif. Saat mengunjunginya, pihak pengelola menyarankan wisatawan untuk memakai masker. Sebab, bau belerang dari kawah tersebut sangat menyengat.*

 

 

Pos terkait