10 Wisata Dataran Tinggi di Indonesia yang Eksotis

10 Wisata Dataran Tinggi
Ilustrasi. Landscape Tanah Gayo, Aceh. (iStock)

TURISIAN.com – Liburan ke tempat yang sejuk tentu sangat menyenangkan, terlebih jika dapat menyaksikan pemandangan menakjubkan.

10 wisata dataran tinggi ini bisa menjadi pilihan tujuan wisata bagi sobat Turisian yang ingin ‘kabur’ sejenak dari rutinitas.

Di Indonesia, terdapat sejumlah wisata dataran tinggi yang populer. Berikut 10 wisata dataran tinggi di Indonesia yang eksotis.

Wisata dataran tinggi di Sumatera

Gayo (Aceh)

Berada di Provinsi Aceh, Dataran Tinggi Gayo atau Tanoh Gayo merupakan rumah bagi suku Gayo.

Kawasan yang sejuk ini terkenal dengan kopi Gayo yang harum dan nikmat. Ini karena kopi Gayo tumbuh di punggung Bukit Barisan.

BACA JUGA: 7 Tempat Wisata di Dataran Tinggi Dieng yang Memesona, Menarik untuk Dikunjungi!

Karo (Sumatera Utara)

Karo merupakan dataran tinggi di Sumatera Utara yang disebut-sebut sebagai dataran tinggi terluas di Indonesia. Berada di dataran tinggi pegunungan Bukit Barisan, Karo memiliki ketinggian mencapai 1.500 mdpl.

Karo, wisata dataran tinggi di Sumatera Utara (dakatour.com)

Agam (Sumatera Barat)

Agam sebenarnya merupakan sebuah kabupaten di Sumatera Barat. Kawasan ini memiliki Gunung Marapi sebagai titik tertinggi pada ketinggian 2.891 mdpl. Selain Gunung Marapi, di sekitarnya juga terdapat beragam wisata.

Kerinci (Jambi)

Destinasi ini terkenal dengan kemegahan Gunung Kerinci berketinggian 3.800 mdpl. Kawasan ini menjadi habitat bagi sejumlah satwa.

Selain itu, Kerinci juga memiliki kebun teh populer yaitu Kebun Teh Kayu Aro yang selalu menjadi tujuan wisata.

BACA JUGA: 6 Tempat Wisata di Tawangmangu, Pilihan Tepat Akhir Pekan

Wisata dataran tinggi di Jawa

Puncak (Jawa Barat)

Puncak merupakan kawasan pegunungan yang berada di Kabupaten Bogor dan Cianjur. Destinasi ini begitu populer karena memiliki beragam tempat wisata.

Dieng (Jawa Tengah)

Bicara soal wisata dataran tinggi di Indonesia, Dieng tentu menjadi tujuan favorit.

Berada di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, Dieng menawarkan pemandangan nan eksotis. Selain itu, udaranya pun sangat sejuk karena berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Tengger (Jawa Timur)

Dataran Tinggi Tengger berada di kawasan pegunungan Bromo. Sesuai namanya, dataran tinggi ini menjadi tempat tinggal suku Tengger. Wisata dataran tinggi ini memiliki banyak tempat wisata.

BACA JUGA: Dua Objek Wisata dengan Nama Teletubbies di Yogyakarta

Minahasa (Sulawesi Utara)

Di Sulawesi Utara, terdapat Dataran Tinggi Minahasa. Sejumlah gunung mengelilingi destinasi ini, di antaranya Gunung Kalabat, Lakon, Mahawu, dan Soputan.

Selain itu, Danau Tondano juga menjadi bagian dari dataran tinggi ini.

To’Tombi, Lolai, Toraja (nativeindonesia.com)

Lolai (Sulawesi Selatan)

Lolai berada di Kecamatan Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Kawasan ini terkenal dengan pemandangan sunset yang memesona.

Saat cuaca sedang cerah, sobat Turisian bahkan seakan sedang menginjak awan karena tingginya sejajar. Tak heran jika Lolai sering mendapat julukan ‘negeri di atas awan.’

Jaya Wijaya (Papua)

Jaya Wijaya merupakan dataran tinggi di Papua yang terkenal dengan bentang alamnya yang eksotis. Di kawasan ini terdapat Pegunungan Jaya Wijaya dengan Puncak Jaya sebagai titik tertinggi. Tingginya mencapai 4.884 mdpl. ***

Pos terkait