6 Tempat Wisata di Tawangmangu, Pilihan Tepat Akhir Pekan

The Lawu Park, tempat wisata di Tawangmangu. (Instagram/the_lawupark)

TURISIAN.com – Tawangmangu merupakan sebuah kawasan yang terletak di kaki Gunung Lawu. Secara administratif, lokasinya berada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Tawangmangu kerap menjadi pilihan tempat liburan, karena udaranya yang begitu sejuk. Kawasan ini memiliki sejumlah tempat wisata yang bisa sobat Turisian kunjungi.

Berikut rekomendasi 6 tempat wisata di Tawangmangu untuk dikunjungi saat akhir pekan.

Tempat wisata di Tawangmangu

The Lawu Park

The Lawu Park merupakan tempat wisata alam yang menawarkan keindahan hutan pinus.

Destinasi ini menawarkan beragam kegiatan seru. Sobat Turisian dapat melakukan sejumlah aktivitas seru, yaitu flying fox, ATV, camping, dan jeep adventure.

Selain itu, ada sejumlah spot foto yang menjadi daya tarik The Lawu Park.

Sakura Hills Tawangmangu (Instagram/sakurahills_tawangmangu)

Sakura Hills

Mengusung konsep ala Jepang, Sakura Hills dihiasi dengan pohon sakura. Bangunan-bangunan khas Negeri Sakura juga dapat ditemukan di sini.

Sobat Turisian bisa berfoto dengan bangunan khas Jepang berlatar keindahan Gunung Lawu.

Rumah Atsiri Indonesia

Rumah Atsiri Indonesia berisi beragam fasilitas terkait tanaman.

Sobat Turisian dapat melihat beragam jenis bunga di Aromatic Garden. Jika ingin mempelajari tanaman atsiri, mengunjungi museum bisa menjadi pilihan.

Selain itu, sobat Turisian dapat berfoto, belanja di toko aromatik, mengikuti workshop, sampai mencicipi makanan khas atsiri.

Bukit Mongkrang

Bukit Mongkrang bisa menjadi pilihan bagi sobat Turisian yang gemar mendaki. Dengan ketinggian 2.194 mdpl, Bukit Mongkrang dapat didaki selama tiga jam perjalanan.

Dari puncak Bukit Mongkrang, terlihat lanskap Tawangmangu. Selain itu ada padang ilalang di dekat puncak yang kerap menjadi spot foto.

Puncak Bukit Mongkrang di Tawangmangu. (KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA)

Air Terjun Grojongan Sewu

Air Terjun Grojongan Sewu memiliki ketinggian sekitar 80 meter.

Untuk melihat air terjun dari dekat, sobat Turisian diharuskan menuruni 1.250 anak tangga. Rasa lelah akan terbayar saat menyaksikan derasnya Air Terjun Grojongan Sewu.

Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu

Meski bernama Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu, sobat Turisian tidak akan mendaki. Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu merupakan tempat wisata keluarga berisi beragam wahana.

Destinasi ini menyediakan wahana unik mulai dari ikon wisata dunia, jembatan goyang, mini coaster, outbond, dan masih banyak lagi. ***

Pos terkait