Menikmati Senja di Candi Plaosan Klaten yang Megah, Tak Jauh dari Prambanan

Candi Plaosan
Candi Plaosan di Klaten. (source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Jika Sobat Turisian berencana berkunjung kembali ke Candi Prambanan, masukan pula Candi Plaosan Klaten ke dalam daftar kunjungan. Candi yang terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah ini, menyajikan kemegahan candi dan suasana senja yang indah.

Kompleks Candi Plaosan berada di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Tak jauh dari Candi Prambanan, hanya berjarak sekitar 2,7 km. Atau sekira 6 menit perjalanan memakai kendaraan bermotor. Jadi bisa satu paket  untuk liburan Sobat Turisian ke Candi Prambanan.

Candi yang terletak di tengah kompleks pemukiman warga dan persawahan ini, memiliki dua bangunan kuno. Ada Candi Plaosan Lor (utara) dan Candi Plaosan Kidul (selatan). Keduanya hanya terpisahkan oleh sebuah jalan raya dan area persawahan.

Meski keduanya masih ada di satu kompleks, namun tampak jelas perbedaannya. Bangunan Candi Plaosan Kidul tidak semegah Plaosan Lor. Candi utama yang tersisa di Candi Plaosan Kidul hanya candi perwara atau candi pengiring.

Baca juga: 5 Objek Wisata Menarik di Sekitar Candi Prambanan

Sementara Candi Plaosan Lor lebih megah dan banyak wisatawan berkunjung. Objek wisata ini terdiri dari dua candi utama dengan sebutan candi kembar, karena bentuk kedua candi ini sama persis. Keduanya dipisahkan sebuah pagar dan jalan masuk yang menjadi penghubung menuju kedua candi utama.

Bangunan Candi Plaosan

Keistimewaan Candi Plaosan Klaten, mempunyai bangunan bertingkat dua lantai. Dengan enam ruangan, yaitu tiga ruang di lantai atas dan tiga buah ruang di lantai bawah. Atapnya berwujud stupa yang mencirikan candi ini bercorak Buddha.

Para ahli sejarah menyebutkan, Candi Plaosan dibangun sekitar abad ke-9. Pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Kuno.

Saat memasuki tempat wisata Klaten ini, Sobat Turisian akan disambut sepasang Arca Dvarapala yang saling berhadapan sebagai penjaga pintu masuk. Arca tersebut berjumlah empat buah yang masing-masing mengapit candi utama utara dan selatan.

Daya Tarik Wisata Candi Plaosan

Destinasi wisata Klaten yang satu ini menawarkan suasana yang asri dan indah. Dengan kemegahan bangunan candi dan hamparan rumput yang hijau di sekeliling candi.

Baca juga: Berenang di Kolam Mata Air Alami Umbul Pelem Klaten yang Menyegarkan

Di sini, Sobat Turisian akan disuguhi pesona keindahan sunset di kala senja yang eksotis dan romantis. Namun momen sunrise di pagi harinya pun tak kalah cantiknya.

Sobat Turisian juga wajib mengabadikan momen sunset atau sunrise dengan jepretan kamera. Spot terbaiknya, berlatar candi saat langit berwarna jingga atau kuning keemasan. Akan tampak instagenik hasil fotonya.*

Pos terkait