Tim Ekspedisi Dayung Jelajah Nusantara Kali Ini Memilih Belitung, Ini Alasannya

Tim Dayung Jelajah Nusantara
Anggota Tim Ekspedisi Dayung Jelajah Nusantara (DJN) 2024 saat mengikuti acara launching Ekspedisi DJN di Store Eiger Jalan Sumatera Kota Bandung, Senin 5 Agustus 2024. (Turisian.com/Duta Ilham)

TURISIAN.com – Setelah sukses melakukan sirkumnavigasi Pulau Flores 2023, Tim Dayung Jelajah Nusantara (DJN) akan melanjutkan petualangannya dengan mengelilingi Pulau Belitung pada tahun 2024.

Jarak total 439 km di sepanjang pesisir Belitung akan ditempuh menggunakan kayak laut.

Yoppi Rikson Saragih, Ketua Umum Dayung Jelajah Nusantara, menjelaskan bahwa EIGER Adventure menjadi salah satu pendukung utama dalam penjelajahan Pulau Belitung ini.

“Dari toko EIGER di Jalan Sumatera, Tim DJN akan memulai sirkumnavigasi Pulau Belitung searah jarum jam. Titik awal dan akhir ekspedisi berada di Tanjung Kelayang Reserve,” jelas Yoppi dalam acara pelepasan Tim DJN di EIGER Flagship Store, Kota Bandung, Senin 5 Agustus 2024.

BACA JUGA: Eiger Adventure Nyari Anak Muda Buat Ikutan Innoventure 2023, Apa Itu?

Menurut Yoppi, keterlibatan EIGER dalam ekspedisi DJN bukanlah yang pertama.

“Pada ekspedisi sebelumnya yang menyusuri pesisir Flores sejauh 1.095 km pada tahun 2023, EIGER juga memberikan dukungan kepada tim DJN yang mengembara menggunakan kayak laut,” ungkap Yoppi.

Sementara itu, Jason Edward Wuysang, Business Director EIGER Adventure, menjelaskan bahwa ekspedisi DJN yang digagas oleh Wanadri memiliki visi yang sama dengan EIGER. Dimana, banyak karya yang dilahirkan  selama 35 tahun di Indonesia.

“Penjelajahan ini didukung oleh EIGER karena tim ekspedisi akan menemukan berbagai kekayaan sosial budaya dan alam,” ujar Jason.

BACA JUGA: Indofest 2022 Libatkan 150 Eksibitor dari Dalam dan Luar Negeri

CEO Eiger Ronny Lukito saat memberikan sambutan dalam acara pelepasan Tim Ekspedisi Dayung Jelajah Nusantara di Eiger Store, Jalan Sumatera, Kota Bandung, Senin 5 Agustus 2024. (Foto: Turisian.com/Duta Ilham)

Ide dan Inovasi

Ini memunculkan ide dan inovasi untuk saling mengenali dan menjaga apa yang ditemukan.

“Kayak laut memungkinkan tim DJN menjelajah area yang sulit dicapai oleh petualang darat atau kapal besar,” jelasnya.

EIGER, sebagai brand perlengkapan luar ruang yang berfokus pada petualangan tropis, berupaya menyoroti dampak nyata perubahan iklim pada alam pesisir Indonesia.

“Tim Dayung Jelajah Nusantara akan menyusuri pesisir, merekam kondisi nyata pesisir Indonesia. Dan, menyampaikan upaya pelestarian ekosistem pesisir,” paparnya.

BACA JUGA: Pemkab Belitung Melupakan Sektor Tambang, Kini Fokus ke Pariwisata

“Ini sejalan dengan langkah EIGER dalam konservasi mangrove di berbagai pesisir di Indonesia,” sambungnya Jason.

Ekspedisi DJN tahun 2024 memilih Belitung sebagai tujuan utama.

Menurut Yoppi, Belitung menyimpan banyak cerita sejarah kepulauan Nusantara dan menjadi jalur penting dengan kekayaan sejarah geologis.

BACA JUGA: Ingin Ngopi di Belitung Timur ? Kalian Harus Tau Caranya

“Ekspedisi Sea Kayak Belitung diharapkan menemukan kisah baru dari Pulau Belitung. Rumah bagi masyarakat yang terkenal dengan semangat pluralitas, kesederhanaan, dan kerja keras,” katanya.

Oleh sebab itu, lanjut Yoppi, Tim Dayung Jelajah Nusantara akan menangkap pesona dan inspirasi. Terutama, dari salah satu pulau di Nusantara ini dari sudut pandang pesisir Belitung.

“Total 12 pendayung akan melakukan perjalanan dengan kayak laut selama sekitar satu bulan. Atau sekitar 24 km per hari,” pungkas Yoppi. ***

Pos terkait