Event Trail of Kings Tawarkan Keindahan Danau Toba, Catat Tanggalnya

Event Trail of Kings
Rute event Trail of Kings yang disampaikan pada acara konferensi pers di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Jumat 15 Maret 2024. Foto: Dok.Kemenparekraf

TURISIAN.com – Event Trail of Kings di Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) dipastikan akan memberikan pengalaman menarik bagi para wisatawan.

Selain diikuti peserta dari berbagai belahan dunia, event yang bakal berlangsung pada 4-5 Mei 2024 di Waterfront Pangururan, Samosir itu menawarkan keindahan pemandangan Danau Toba.

“Kami mengajak para pelari trail dari seluruh Indonesia dan dunia untuk menjajal jalur yang luar biasa indah dan megah ini,” kata Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, Jumat 15 Maret 2024 lalu, saat me-launching event ini secara daring.

Ditambahkan Sandiaga, melalui partisipasi dalam event Trail of The Kings (Zero Edition) diharapkan akan tumbuh ekonomi masyarakat sekitar.

Event ini sendiri menjadi bagian dari rangkaian trail running kelas dunia, UTMB (Ultra Trail du Mont Blanc) seri dunia pertama yang digelar di Indonesia.

BACA JUGA: Air Terjun Sipiso-piso yang Memukau, Pelengkap Pesona Keindahan Danau Toba

Sementara itu dalam konferensi pers di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Jimmy Bernando Panjaitan mengatakan, acara ini ditargetkan mampu menjaring 1.500 peserta.

Selain juga diharapkan mampu mempromosikan Danau Toba sebagai salah satu dari lima destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia.

“Kami ingin mendorong Danau Toba ini sebagai lokasi event based tourism yang sifatnya harus ecogreen,” kata Jimmy.

“Kami ingin mem-branding DPSP Danau Toba menjadi destinasi kelas dunia dengan event-event kelas dunia,” sambungnya.

BACA JUGA: Ada 1,3 Juta Wisatawan Menuju Danau Toba, Event Ini Daya Tariknya

Bertajuk Live Your Legend

Oleh karena itu, Jimmy pun mengajak agar seluruh stakeholder untuk ikut menyukseskan event ini dan event-event berkelas internasional lain di Danau Toba.

Sehingga, event-event tersebut bisa berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat di sekitar Danau Toba.

“Kami di BPODT dengan kerendahan hati sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk melaksanakan event ini,” katanya.

Trail of The Kings (Zero Edition) yang bertajuk Live Your Legend ini terbagi atas empat kategori kompetisi. Yaitu, 5 kilometer, 10 kilometer, 27 kilometer, dan 50 kilometer.

BACA JUGA: Danau Toba Disiapkan jadi Lokasi Event Internasional untuk Tarik Wisatawan

Pendaftaran peserta pun telah dibuka sejak 13 Maret 2024 di situs run.trailofthekings.id dan akan ditutup jika kuota peserta telah terpenuhi.

Konferensi pers ini juga dihadiri oleh Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf/Baparekraf, Florida Pardosi; Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang.

Termasuk, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatra Utara, Zumri Sulthony.

Hadir pula Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kemenkomarves, Kosmas Harefa; Plt. Deputi Bidang Revolusi Mental Kemenko PMK, Aris Darmansyah. Serta, Asisten Deputi Bidang Olahraga Masyarakat Kemenpora, Suyadi Pawiro. ***

Pos terkait