Jawa Barat Targetkan Cabang Olahraga Dayung Raih Medali Emas di PON XXI Aceh-Sumut

Cabang Olahraga Dayung
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin memantau langsung proses latihan atlet Dayung di Karawang, Senin 18 Maret 2024. Mereka dipersiapkan untuk berlaga di event PON XXI Aceh-Sumut mendatang. Foto: Turisian.com/Dokpim Jabar

TURISIAN.com – Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menyakini cabang olahraga (cabor) Dayung akan menjadi salah satu sumber medali emas Provinsi Jabar.

Medali emas ini bisa diperoleh dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024, karena persiapan yang dilakukan sudah cukup matang.

Menurut Bey, cabang olahraga Dayung ditargetkan meraih 15 medali emas dalam PON XXI Aceh-Sumut 2024 untuk mencapai Jabar Hattrick.

Jabar sendiri telah menjuarai ajang PON dua kali berturut-turut pada 2016 dan 2021. Sehingga untuk mencetak hattrick sebagai juara umum dalam kesempatan PON 2024 menjadi harapan warga Jabar.

BACA JUGA: Taman BMX dan Skate Surabaya, Spot Wisata Olahraga yang Menarik Kalian Kunjungi

“Karena kedisiplinan mereka dan fasilitas yang kita miliki sangat baik. Kita targetkan 15 medali emas untuk capai Jabar Hattrick,” kata Bey saat berkunjung ke Pelatda PON Cabor Dayung di Venue Cabor Dayung Situ Cipule Karawang, Senin 18 Maret 2024.

“Semoga dengan semangat mereka, targetnya bisa tercapai,” sambungnya.

Dalam kunjungan tersebut, Bey kagum dengan semangat dan kedisiplinan para atlet untuk terus berlatih, termasuk di bulan Ramadan.

BACA JUGA: Berwisata Sembari Berolahraga, Petualangan Sport Tourism di Destinasi Eksotis

Selain itu, Bey juga mengatakan bahwa kontingen Dayung Jabar berisi atlet-atlet muda yang penuh dengan talenta.

“Saya baru pertama kali melihat latihan dayung, dan saya cukup kagum, terkejut juga, melihat mereka semangat berlatih, meskipun ini bulan puasa. Ini juga umurnya muda-muda,” ucap Bey.

“Kalau PON (cabor Dayung) ini batas maksimal usianya 28 tahun. Tanya-tanya ke Pak Kadispora bahwa paling senior kita umur 24 tahun. Dan saya yakin mereka akan berprestasi dengan baik,” imbuhnya.

BACA JUGA: Liburan ke Pulau Payung, Ativitas Seru ini Bisa Kalian Lakukan

Bey juga berpesan, selain terus berlatih dengan semangat dan disiplin, para atlet juga harus dapat menjaga kondisi dengan baik.

“Sudah pasti agar mereka juara, saya berikan motivasi, dan saya pesan mereka juga tidak cedera,” pintanya.

Kehati-hatian ini penting, lanjut Bey, karena musuh atlet, salah satunya cedera.

“Karena cabor Dayung potensial, termasuk salah satu yang terbanyak (target) raihan medalinya untuk PON di Aceh dan Sumatera Utara,” pungkasnya. ***

Pos terkait