Pusat Wisata Belanja Terbesar di Bandung Ini Mulai Diserbu Pengunjung

Pusat Wisata Belanja
Ratusan pedagang Pasar Baru Trade Center (PBTC), abu 20 Maret 2024, mengikuti acara Buka Puasa Bersama (Bukber) dengan manajement PT DSMJ selaku pengelola pasar tradisional terbesar di Jawa Barat tersebut. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

TURISIAN.com – Sebagai salah satu pusat wisata belanja terbesar di Kota Bandung, Pasar Baru Trade Center (PBTC) mulai diserbu pengunjung yang ingin mencari kebutuhan untuk lebaran.

Dari catatan PT Dam Sawarga Maniloka (DSMJ) selaku pengelola pasar tradisional terbesar di Jawa Barat itu, rata-rata pengunjung mencapai 12 ribu orang perhari.

“Perkiraan kami dua minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri  pengunjung bisa mencapai 20 ribu pengunjung per hari. Berkaca pada tahun sebelumnya segitu ya. Kalau saat ini, rata-rata di 12 ribu pengunjung per hari,” ujar Direktur Marketing Pasar Baru, Untung BW, Rabu (20/3/2024).

Sementara itu, sebagai upaya untuk mempererat kebersamaan antar pedagang, pihaknya juga menggelar buka bersama. Yakni, antara manajemen, pedagang dan anak-anak dari Panti Asuhan Mizan Amanah, di Masjid Hasanah PBTC.

BACA JUGA: Menyambut Kedatangan Bulan Ramadhan, Kemenparekraf Promosikan Wisata Relegi

Acara bukber yang berlangsung di Masjid Hasanah PBTC lantai 8 pasar tradisional terbesar di Jawa Barat itu diikuti hampir 500 pedagang.

Selain kegiatan bukber juga ada rangkaian pemberian santunan kepada anak yatim Panti Asuhan Mizan Amanah.

Hadir dalam acara tersebut Direktur UtamaPT DSMJ Rudy Kangdra, Plt Dirut Perumda Pasar Juara, Ricki Ferlino Safri Djohan, Direktur Operasional Irwin Tan dan Direktur Marketing Untung BW.

Unsur Muspika

Sementara itu, dari unsur Muspika Kecamatan Andir, Kota Bandung juga hadir perwakilan dari Polsek, Koramil, tokoh masyarakat, tokoh agama dan undangan lainnya.

BACA JUGA: Pasar Baru Bandung Bergeliat di Tengah Antusiasme Ramadan, Pemkot Siap Operasi Pasar

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara “Berkah Ramadhan” yang tahun ini mengambil tema: Tebar Kebahagiaan dengan Silahturahmi Bersama Pedagang untuk Meraih Berkah Ramadhan.

Direktur Utama PT DSMJ Rudy Kangdra dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran para pedagang Pasar Baru.

“Ini mencerminkan bahwa pasar baru ini merupakan rumah besar kita bersama. Sehingga momentum Ramadhan ini hendaknya bisa dijadikan sebagai upaya mempererat silahturahmi,” kata Rudy

Ia pun berharap, kegiatan seperti ini bisa menjadi acara rutin yang digelar setiap bulan Ramadhan.

BACA JUGA: Vue Palace ARTOTEL Curated Hadirkan Sensasi Rempah Noesantara Menyambut Ramadhan

Mempererat Silahturahmi

Direktur Utama PT DSMJ Rudy  Kangdra saat memberikan sambutan di acara Bukber Ramadhan, Rabu 20 Maret 2024. Foto: Turisian.com/Ist

Ditempat yang sama, Untung BW selaku Direktur Marketing Pasar Baru mengemukakan pihaknya akan melaksanakan, apa yang telah digariskan Direktur Utama, dimana pentingnya membangun silahturahmi dengan para pedagang dan masyarakat sekitar.

“Dari sambutan pak Rudy Kangdra tadi, tentu menjadi acuan kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik. Termasuk, dalam hal kegiatan seperti ini,” katanya.

“Setelah hampir satu tahun kita saling bekerjasama dalam meramaikan Pasar Baru. Maka pada bulan Ramadhan ini, perlu kita syukuri bersama, dengan berbagi kasih kepada anak-anak Yatim,” sambung Untung.

Menurut Untung, kegiatan ini semata-mata untuk menyambut bulan Ramadhan yang memiliki nilai kemuliaan. Terutama, bagi umat muslim yang sedang menjalankan ibabah puasa.

“Harapan kami, dengan kegiatan buka puasa bersama ini kita bisa saling bersilahturahmi. Juga, sekaligus menjadi momentum  untuk menyampaikan permohonan maaf dari kami jika ada pelayanan yang belum maksimal, selama ini,” kata Untung.

BACA JUGA: Menyambut Pergantian Tahun, Pasar Baru Trade Center Luncurkan Shuttle Arnes

Begitu pun, kepada para pedagang yang ingin menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan kemajuan pasar ini ke depan, pihak manajement sangat terbuka.

“Pasar Baru ini kan milik kita bersama. Menjadi kebanggaan masyarakat Kota Bandung dan Jawa Barat pada umumnya. Oleh sebab itu, perlu kita jaga bersama-sama,” tambah Untung.

Dibagian lain, Irwin Tan, Direktur Operasional PBTC hingga saat ini terus  mempersiapkan beragam strategi yang dibangun untuk terus mempromosikan dan meningkatkan pelayanan kepada pengunjung.

Hal ini dilakukan agar para wisatawan bisa datang lagi ke Pasar Baru Bandung.

BACA JUGA: Pedagang Pasar Baru Trade Center Bandung Sambut Gembira Renovasi Gedung

Melibatkan Pelaku UMKM

“Bahkan sebelumnya, kami juga telah melakukan promosi dengan pemasangan iklan di beberapa titik di Kota Bandung. Bekerjasama dengan para tour and travel,” kata Irwin.

“Disamping itu, kami juga memperkiat kerjasama dengan pemerintah kota Bandung. Khususnya pada bidang Pariwisata, serta memperbaharui beberapa fasilitas yang tersedia di Pasar Baru Trade Center Bandung,” sambungnya.

Saat ini, ada 2.000 tenant lebih yang berjualan di PBTC dengan 12 lantai yang berfungsi baik.

Masih kata Untung, ribuan orang mengandalkan dari usaha pasar ini. Sehingga tidak ada salahnya, jika usaha yang sudah lama dirintis para pedagang ini, harus terus berlanjut dengan kondisi lebih baik lagi.

BACA JUGA: Menjelajahi Kopi Legendaris di Kota Bandung, Ada yang Berdiri Sejak 1928

“Itu pula sebabnya, dalam acara ini kami juga melibatkan pelaku UMKM dalam menyiapkan makanan menu berbuka. Jadi, tidak menggunakan catering, satu perusahaan,” katanya.

Dalam buka bersama ini, sudah disiapkan berbagai menu tradisional yang selama ini dijual para pedagang.

Mulai dari mie kocok,sate,bakso,gorengan dan masih banyak lagi menu yang memang sangat populer di masyarakat Kota Bandung.

Sementara itu, pihak manajemen Pasar Baru juga sudah menyediakan berbagai hadiah menarik untuk menambah semaraknya acara.

Diantaranya hadiah doorprize seperti Handphone, TV LCD, Kulkas, Kipas Angin, Speaker Bluetooth, Vacum Cleaner dan masih banyak lagi. ****

Pos terkait