Merak Balu-Run 2023 Jadikan Situbondo Mendunia Karena Wisatanya

Merak Balu-Run 2023
Peserta lari dari beberapa negara ikut ambil bagian dalam event Merak Balu-Run 2023 di Situbondo, Jawa Timur, Minggu 3 Desember 2023. (Instagram/@situbondoinfo)

TURISIAN.com – Datang dari berbagai penjuru dunia, belasan atlet tangguh telah memeriahkan Merak Balu-Run 2023 di Situbondo, Jawa Timur.

Sebuah gelaran lari berskala internasional yang kini menjelma menjadi agenda tahunan yang dinantikan. Sukses mengundang perwakilan dari negara-negara eksotis.  Seperti Kenya dan Perancis, serta ratusan pelari berbakat dari pelosok Indonesia.

Acara ini pun kembali berhasil mencuri perhatian sebagai magnet wisata utama di “Kota Santri Pancasila.”

Sementara itu Bupati Situbondo, Karna Suswandi, memberikan sentuhan magis pada acara ini. Yakni, dengan mengatakan bahwa Taman Nasional Baluran menjadi panggung sempurna untuk perhelatan lari internasional ini.

BACA JUGA: Menikmati Sunset dan Sunsire di Bukit Legend Situbondo, Keren Habis Lho

“Lokasi ini bukan sekadar tempat perlombaan, tapi juga kawasan yang terus dikembangkan sebagai destinasi pariwisata unggulan oleh pemerintah daerah,” ujarnya, sembari merilis peserta Merak Balu-Run 2023 dengan semangat.

Melalui lari internasional ini, Bupati Karna melihat kesempatan emas untuk memperkenalkan pesona wisata di Kabupaten Situbondo.

Dengan semangat luar biasa, ia menjelaskan bahwa pantai-pantai eksotis, seperti Merak-Baluran di Dusun Labuhan Merak, Desa Sumberwaru, Banyuputih, perlu terus diumbar ke dunia.

BACA JUGA: Wisata Kampung Kerapu Situbondo Tahun Ini Targetkan 50.000 Wisatawan

Kolaborasi Solid Antar OPD

Misi ini terbukti berhasil dengan kehadiran 16 peserta dari Kenya dan Prancis, yang turut memeriahkan event ini.

Ditempat yang sama,  Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Situbondo, Tutik Margiyanti mengemukakan keberhasilan event sport tourism ini adalah hasil dari kolaborasi yang solid antar-OPD (Organisasi Perangkat Daerah).

Tutik menekankan bahwa event olahraga seperti ini memiliki dampak positif yang signifikan dalam memperkenalkan Situbondo ke dunia.

BACA JUGA: Yuk Liburan Bersama Keluarga ke Pantai Grand Pathek Situbondo!

Dengan keyakinan tinggi, Tutik optimistis bahwa para peserta, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, akan terpesona. Terutama,  oleh pesona wisata bahari di kawasan Taman Nasional Baluran.

“Merak Baluran Run 2023” bukan hanya lomba lari biasa. Ini adalah peristiwa besar yang mengguncang Situbondo. Sekaligus,  membuktikan bahwa daerah ini pantas dikenal oleh masyarakat luas, baik di dalam maupun di luar negeri.

Sebuah pencapaian luar biasa untuk Kabupaten Situbondo yang semakin menancapkan namanya di peta pariwisata Indonesia. ***

Pos terkait