Menikmati Sunset dan Sunsire di Bukit Legend Situbondo, Keren Habis Lho

Situbondo
Ilustrasi. Baluran Savana, Situbondo, Jawa Timur. Foto: Dok.iStock

TURISIAN.com – Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, emang terkenal banget sama pantai-pantainya yang keren. Kayak Pasir Putih dan Labuhan Merak di Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih.

Tapi tau gak, sebenernya di Situbondo juga ada tempat wisata seru yang lebih ke ketinggian dan petualangan loh. Nah, buat kamu yang suka tantangan, tempatnya tuh namanya Bukit Legend.

Bukit Legend ini ada di Desa Selobanteng, Kecamatan Banyuglugur, sebelah barat Situbondo deket banget sama Kabupaten Probolinggo. Tempatnya cocok banget buat para wisatawan yang demen petualangan dan pemandangan alam yang indah.

Tapi inget ya, jalan ke sana nggak gampang. Kamu harus siap-siap naik sepeda motor atau mobil sekitar 15 menit dari jalan raya pantura, terus belok kanan ke Desa Selobanteng.

BACA JUGA: Wisata Kampung Kerapu Situbondo Tahun Ini Targetkan 50.000 Wisatawan

Dari Desa Selobanteng, kamu bisa langsung nyari koordinator di kantor desa buat nyewa joki sepeda motor. Karena jalurnya ekstrem banget, jadi butuh joki khusus yang tau banget rutenya.

Perjalanan naik motor sekitar 30-40 menit dari kantor desa sampai ke Bukit Legend yang tingginya sekitar 800 meter di atas permukaan laut.

Perjalanan yang seru dan menegangkan itu akan terbayar dengan pemandangan indah pegunungan dan perbukitan yang dikelilingi hutan lebat.

Rendra, seorang wisatawan asli Situbondo, memgaku kagum banget sama keindahan alam di Bukit Legend. Dia cerita, dia sama temen-temennya dateng ke sana pas sore. Karena mereka pengen ngeliat matahari terbenam dari atas bukit. Romantis banget kan?

BACA JUGA: Yuk Liburan Bersama Keluarga ke Pantai Grand Pathek Situbondo!

Sebagian besar pengunjung di Bukit Legend biasanya nginap di tenda camping. Setelah capek dari perjalanan yang ekstrem, mereka bisa menikmati sunset sambil minum kopi di tendanya.

Pemandangan langit di ujung barat yang berwarna oranye keemasan tuh bener-bener nggak boleh dilewatkan.

Pas malem tiba, udaranya mulai dingin banget. Ada yang tetap di tenda, ada juga yang bakar api unggun buat hangout sambil minum kopi biar nggak kedinginan.

Malamnya, suasana di Bukit Legend jadi sepi banget, cuma ada suara burung-burung malam yang ngicau. Ada juga burung hantu yang nyanyi-nyanyi lucu, bikin tidur makin enak.

BACA JUGA: Cottok Inovation Park (CIP) Pilihan Asyik Buat Liburan Keluarga di Situbondo

Terus, jam 5 pagi itu momennya yang ditunggu-tunggu, sunrise! Bangunin diri dari tenda dan saksikan matahari terbit dari ufuk timur.

Itu bakal jadi pengalaman yang nggak terlupakan. Pemandangan indahnya bikin semangat buat memulai hari baru setelah tidur nyenyak di atas bukit.

Selain pemandangan keren, wisata ke Bukit Legend juga punya manfaat kesehatan loh. Menurut para ahli biologi, ketika kita berada di dataran tinggi seperti Bukit Legend, kadar oksigen di udara lebih rendah.

Nah, hal ini bisa melatih tubuh kita, terutama jantung dan paru-paru, untuk bekerja lebih keras. Jadi, ketika kita kembali ke dataran rendah, tubuh kita jadi lebih kuat dan tahan banting.

BACA JUGA: Riang Gembira Tamasya ke Pantai Tampora Situbondo

Bukit Legend sendiri sebenarnya milik yayasan keagamaan. Dan rencananya, mereka mau mengembangkan bukit ini jadi objek wisata alam yang lebih dikenal lagi.

Jadi, kamu mesti segera berkunjung ke sini sebelum ramai wisatawan lain datang, biar kamu bisa menikmati keindahan alamnya dengan lebih tenang.

Kalau kamu lagi pengen petualangan seru dan pengen melihat pemandangan alam yang belum banyak terjamah, datanglah ke Bukit Legend di Situbondo.

Rasakan sensasi perjalanan yang menegangkan, nikmati keindahan matahari terbenam dan terbit. Serta rasakan manfaat kesehatan dari berada di dataran tinggi. Pokoknya, pasti bakal jadi pengalaman wisata yang nggak akan kamu lupakan! ***

Pos terkait