Wisata Kampung Kerapu Situbondo Tahun Ini Targetkan 50.000 Wisatawan

Kampung Kerapu Situbondo
Seorang pengunjung memandangi jembatan Kampung Kerapu Situbondo di Jawa Timur. Objek wisata ini makin ramai dikunjungi wisatawan. (Instagram/@hidayati_77)

TURISIAN.com – Setelah sempat viral, pengelola Wisata Kampung Kerapu Situbondo, Jawa Timur terus melakukan pembenahan.

Bahkan, pada 2023 optimistis mereka menargetkan pencapaian kunjjungan wisatawan hingga 50.000 orang.

Objek wisata ini memamng memiliki keunikan tersendiri. Yakni, dibangun dermaga kayu dengan bentuk memutar sepanjang sekitar 500 meter. Menjorok ke tengah laut itu.

Dejak diluncurkan pada tahun 2019 lalu, Wisata Kampung Kerapu yang berada di jalur pantura Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit itu terus dibanjiri pengunjung.

Berdiri pada kawasan budi daya ikan kerapu yang menggunakan keramba jaring apung menjadikan tempat berbeda dengan umumnya tempat wisata yang ada.

BACA JUGA: Yuk Liburan Bersama Keluarga ke Pantai Grand Pathek Situbondo!

“Sepanjang tahun 2022 jumlah pengunjung wisata mencapai 37.612 orang. Baik lokal maupun luar daerah,” ujar Direktur BUMDesa Klatakan, Adi Mukhtar di Situbondo, Selasa 28 Februari 2023.

“Tahun ini kami optimis target 50.000 wisatawan berkunjung ke sini, karena kami terus berbenah menambah sarana prasarana wisata,” sambungnya.

Tujuan populer bagi ekowisata

Sebagaimana diketahui, Kampung Kerapu adalah sebuah desa yang terletak di antara perbatasan Kecamatan Banyuputih-Kecamatan Kendit di Situbondo, Jawa Timur, Indonesia.

Selama ini destinasi ini, terkenal dengan upaya konservasi lautnya dan merupakan tujuan populer bagi ekowisata dan penggemar menyelam.

BACA JUGA: Cottok Inovation Park (CIP) Pilihan Asyik Buat Liburan Keluarga di Situbondo

Desa tersebut memiliki program konservasi terumbu karang yang bertujuan untuk melestarikan ekosistem laut. Termasuk juga,  melindungi populasi ikan di kawasan tersebut.

Sebagai bagian dari program ini, desa tersebut telah menetapkan “zona larang tangkap”. Di mana penangkapan ikan dilarang.

Dan mereka juga memasang terumbu karang buatan untuk menyediakan habitat bagi ikan.

Wisatawan dapat mengunjungi Kampung Kerapu untuk mempelajari lebih lanjut tentang upaya konservasi desa, snorkeling atau menyelam di perairan sekitar.

BACA JUGA: Mengunjungi Pantai Pasir Putih Situbondo, Pilih Penginapan Murah Ini

Bahkan, bisa  mengikuti kegiatan wisata berbasis masyarakat.

Kegiatan tersebut meliputi memasak makanan tradisional Indonesia. Ada juga kegiatan, membuat kerajinan tangan, dan belajar tentang adat dan tradisi setempat.

Pengunjung juga dapat menjelajahi Taman Nasional Baluran di dekatnya, yang merupakan rumah bagi berbagai satwa liar.

BACA JUGA: Menikmati Pantai Pasir Putih Situbondo, Apa saja sih fasilitasnya?

Seperti,  rusa, babi hutan, dan monyet. Taman ini memiliki beberapa jalur pendakian dan menawarkan pemandangan lanskap sekitarnya yang menakjubkan.

Untuk sampai ke Kampung Kerapu, kalian bisa naik pesawat ke Bandara Internasional Juanda di Surabaya dan kemudian berkendara ke Situbondo.

Dari sana, kalian bisa menyewa mobil atau motor untuk sampai ke desa tersebut.

Alternatif lainnya, kalian busa naik bus atau kereta api ke Situbondo lalu naik angkutan lokal atau taksi ke desa. ***

Pos terkait