Festival Seni Budaya Digelar di Cianjur Selatan, Ada Juga Bazar UMKM

Festival Seni Budaya
Untuk mendapatkan ikan sungai yang segar, warga Kampung Adat Miduana Desa Balegede Kecamatan Naringgul Cianjur pada bulan-bulan tertentu, terutama pada saat debit air sungai turun selalu melakukan tradisi marak. (Instagram/@kampungadatmiduana's profile picture kampungadatmiduana)

TURISIAN.com – Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menggelar Festival Seni Budaya dan Bazar UMKM di sejumlah destinasi wisata di Cianjur Selatan.

Kegiatan ini bertujuan utama adalah meningkatkan kunjungan wisatawan dan memajukan ekonomi daerah.

Bupati Cianjur , Herman Suherman, dengan semangatnya mengungkapkan bahwa berbagai destinasi wisata yang tersebar di wilayah selatan telah dihubungkan dengan infrastruktur yang memadai.

Mulai dari kampung adat Miduana hingga pantai dan air terjun di Cidaun dan Sindangbarang. Semuanya kini lebih mudah dijangkau berkat infrastruktur jalan yang telah ditingkatkan oleh pemerintah kabupaten.

BACA JUGA: TNGGP Cianjur Beri Sanksi 20 Pendaki Dilarang Masuk Gunung Gede Pangrango, Lho Kenapa?

Infrastruktur yang terkoneksi dengan baik, dari jalan kabupaten hingga jalan provinsi, menghubungkan Cianjur dengan berbagai kabupaten di Jawa Barat selatan.

Seperti Sukabumi, Bandung, Garut, Tasikmalaya, dan kota-kota lainnya. Jaringan jalan yang baik adalah pintu cepat bagi para wisatawan untuk menjelajahi keindahan destinasi wisata di wilayah selatan Cianjur.

Sekaligus mendorong aktivitas ekonomi sehari-hari warga setempat. Dengan meningkatnya jumlah pengunjung, pastinya roda ekonomi daerah pun akan semakin berkembang.

BACA JUGA: Jalan-jalan ke Curug Citambur di Karangjaya Cianjur Yuuk…

Menghasilkan Inovasi

Untuk mendukung eksistensi destinasi wisata Cianjur, program seni budaya dan bazar UMKM akan digelar setiap bulan.

Inisiatif ini bertujuan untuk menarik perhatian wisatawan agar mereka ingin berlama-lama di Cianjur, terutama saat akhir tahun tiba.

Program ini juga melibatkan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari berbagai kecamatan.

Kolaborasi erat antara semua pihak ini diharapkan akan menghasilkan inovasi dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

BACA JUGA: Mengenal Kearifan Lokal Kampung Adat Miduana di Kabupaten Cianjur

Alih, seorang pelaku pariwisata di Kecamatan Cidaun, sangat antusias dengan program akhir tahun yang digagas pemerintah daerah.

Program ini merupakan hasil kerja sama antara para pelaku usaha pariwisata yang selama ini telah berupaya keras meningkatkan jumlah pengunjung.

Namun, tahun ini, dengan dukungan pemerintah daerah, mereka memiliki harapan besar bahwa program ini akan menjadi sebuah tonggak baru.

Khususnya,  dalam mengembangkan pariwisata dan ekonomi di wilayah selatan Cianjur. ***

Pos terkait