Mengenal Kearifan Lokal Kampung Adat Miduana di Kabupaten Cianjur

Kampung Adat Miduana
Kampung Adat Miduana Kab. Cianjur Jabar. (dok. Diskominfo Kabupaten Cianjur)

TURISIAN.com –  Buat Sobat Turisian yang senang mempelajari budaya dan kearifan lokal, sembari rekreasi, mesti coba menuju ke Kampung Adat Miduana. Lokasinya berada di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kampung adat yang satu ini bagaikan surga tersembunyi di Jawa Barat. Terletak di Desa Balegede, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur. Saat ini keberadaannya menjadi daya tarik wisata baru karena menyimpan keunikan budaya serta pesona keindahan alam khas pegunungan.

Menurut catatan sejarah, Kampung Adat Miduana pendiriannya oleh dua tokoh kembar keturunan Kerajaan Padjajaran, yaitu Eyang Jagat Nata dan Eyang Jagat Niti. Keduanya memiliki penerus dari generasi ke generasi hingga akhirnya menjadi penduduk tetap sampai sekarang.

Sesuai peraturan adat, masyarakat kampung adat tersebut masih memegang erat budaya leluhur. Baik dalam hal berpakaian maupun kegiatan sehari-hari. Ragam tradisi seperti Dongdonan Wali Salapan, Lanjaran Tatali Paranti, Mandi Kahuripan, Opatlasan Mulud, dan lain-lain. Para sesepuh pun terus mengajarkannya ke generasi muda di sana.

Hingga akhirnya, kearifan lokal Kampung Adat Miduana itu justru menjadi hal unik dan daya tarik bagi masyarakat luar. Banyak yang penasaran dengan cara hidup penduduk di kampung ini, sehingga terus konsisten mempertahankan budaya mereka di tengah perkembangan zaman.

Baca juga: Piknik Seru ke Little Venice Kota Cianjur, Serasa Liburan di Italia

Keunikan lainnya bisa Sobat Turisian kenali dari banyaknya warga desa yang berusia di atas 100 tahun. Namun meski sudah berusia lanjut, kaum sepuh di Kampung Miduana masih terlihat bugar. Bahkan beberapa dari mereka tetap kuat pergi ke sawah serta melakukan sejumlah aktivitas lainnya.

Fenomena itu pun menarik perhatian banyak pihak, termasuk Tim Riset dari Universitas Padjajaran (Unpad). Menurut hasil pengamatan, warga Kampung Adat Miduana hidup dalam kondisi sehat karena memanfaatkan sumber daya alami sebagai bahan makanan. Mereka pun menerapkan gaya hidup tradisional yang kuat sehingga banyak yang menganggapnya lebih bahagia.

Pesona Alam Kampung Miduana

Tambah lagi udara segar khas daerah pegunungan dan panorama alam yang indah juga menjadi nilai tambah positif untuk masyarakat di sana. Dengan segala keunggulan yang ada, tak heran Kampung Adat Miduana terkenal sebagai salah satu surga tersembunyi di Jabar.

Kalau mau datang ke sini, ada dua jalur yang bisa Sobat Turisian lintasi. Ada jalur utara yang melewati Kabupaten Bandung. Sepanjang jalan, kalian bisa menikmati hamparan perkebunan teh yang luas di kawasan Ciwidey, Rancabali, hingga Naringgul.

Baca juga: 4 Tempat Kuliner Khas Cianjur yang Populer dan Melegenda

Pemandangan alam yang tak kalah memesona pun bisa Sobat Turisian nikmati saat memilih jalur selatan yang masuk wilayah administratif Kabupaten Ciajur. Jalur tersebut menyajikan panorama alam yang spektakuler seperti bentangan laut lepas hingga air terjun. Sangat kece buat latar swafoto kalian.*

 

 

Sumber: Disparbud Jabar

Pos terkait