Pemprov Jabar Mulai Buka ‘Keajaiban Teknologi’ untuk Umum di Gedung Sate

'Keajaiban Teknologi'
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin. Foto: Dok.Humas Jabar

TURISIAN.com – Pemprov Jabar mulai membuka pintu  kepada seluruh masyarakat untuk menjelajahi ‘keajaiban teknologi’ di dalam Gedung A, Gedung Sate, Kota Bandung.

Pembukaan wisata teknologi atau juag dikenal dengan sebutan Jabar Command Center ini sendiri sudah mulai diberlakukan sejak  Kamis, 19 Oktober 2023.

Launching-nya dilakukan olangsung oleh Pelaksana Tugas (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin.

Wahana ini membawa kita ke era futuristik dengan fasilitas-fasilitas interaktif yang siap dijelajahi oleh pengunjung.

BACA JUGA: Penjabat Gubernur Bey Sebut Infrastruktur Destinasi Wisata Pangandaran Perlu Terus Didorong

Pada  Ruang Wahana Publik Jabar Command Center, kita akan menemukan area focus area screen dan hardware interaktif yang siap digunakan oleh masyarakat.

Sementara itu, Ika Mardiah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar, mengungkapkan beragam fasilitas yang menakjubkan di dalam Wahana Publik Jabar Command Center.

Sentuhan Augmented Reality

Termasuk Virtual Tour VR 360 yang memungkinkan pengunjung menjelajahi dunia virtual, Photobooth AR yang memungkinkan pengambilan foto dengan sentuhan Augmented Reality.

Ada juga, Portal Informasi Publik yang memberikan wawasan informasi yang luas, Circular Curved Screen yang menghadirkan layar melengkung menawan. Semua merupakan keajaiban teknologi.

BACA JUGA: Pj Gubernur Jabar Bey Klaim ke Bandara Kertajati Majalengka Lebih Singkat

Tak hanya itu, masih ada lagi Interactive Display yang memikat indera, dan mini theater yang memanjakan pengunjung dengan hiburan.

Namun, perlu diingat bahwa tahap pertama pembukaan Wahana Publik Jabar Command Center tidak ditujukan untuk pengunjung perorangan.

Target utama adalah kelompok, seperti komunitas, akademisi, dan instansi lainnya. Pengajuan permohonan kunjungan dapat dilakukan melalui aplikasi Sapawarga.

“Untuk saat ini, kita menerima kunjungan dari komunitas, instansi, akademisi, atau profesional,” ujar Ika.

BACA JUGA: Mantan Bos Jabar Ridwan Kamil Tawarkan Peluang Endorse di IG-nya

Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman tentang peran Jabar Command Center sebagai pusat data, informasi, dan koordinasi.

“Baik itu di dalam Jawa Barat maupun dalam hubungannya dengan pihak di luar Jawa Barat,” lanjut Ika.

Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin, dalam sambutannya, menegaskan pentingnya manfaat yang bisa diperoleh masyarakat dari Wahana Publik Jabar Command Center.

Ia berharap agar wahana ini dijaga dengan baik, termasuk kebersihannya, dan selalu diperbarui dengan data-data terkini.

BACA JUGA: Konser Kolaborasi Jawa Barat dengan Victoria Australia, Hasilnya Keren Banget Guys

Bey menekankan, dengan fasilitas yang tersedia dan sumber daya manusia yang cakap, wahana ini harus memberikan manfaat yang nyata.”

Selain itu, Bey menjelaskan bahwa kehadiran Jabar Command Center adalah langkah menuju mewujudkan provinsi pintar (smart province).

“Karena ini adalah yang terbaik, tantangan yang dihadapi sangat berat, maka kita harus merawatnya dengan baik,” ujar Bey.

Wahana Publik Jabar Command Center adalah bukti nyata komitmen Pemda Provinsi Jabar dalam menghadirkan teknologi terkini untuk kepentingan masyarakat dan transformasi digital yang sedang berlangsung. ***

Pos terkait