Penjabat Gubernur Bey Sebut Infrastruktur Destinasi Wisata Pangandaran Perlu Terus Didorong

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin saat hadir di acara Semiloka Pengembangan Kawasan Wisata Pangandaran yang diselenggarakan GIPI Jawa Barat, Kamis 19 Oktober 2023. di el Hotel Bandung. Foto: Dok.Diskominfo Jabar

TURISIAN.com – Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin menyatakan pihaknya akan terus mendorong pembangunan infrastruktur destinasi wisata Pangandaran.

Hal itu ia sampaikan saat berbicara dalam acara Semiloka Pengembangan Kawasan Wisata Pangandaran yang diselenggarakan GIPI Jawa Barat, Kamis 19 Oktober 2023.

Acara yang berlangsung di El Hotel Bandung tersebut di hadiri oleh seluruh asosiasi pariwisata, para kepala dinas, akademisi dan praktisi pariwisata Jawa Barat.

Bey menggarisbawahi bahwa Pangandaran adalah salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Barat. Dimana, kawasan ini dikenal dengan beragam potensi dan daya tariknya.

BACA JUGA: Jembatan Cinta Pangandaran, Ternyata Punya Cerita Tersendiri Lho

Termasuk pantai pasir putih, ombak yang ideal bagi peselancar, cagar alam, warisan budaya lokal, dan kuliner khas.

Untuk mendukung pertumbuhan pariwisata, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, telah berkomitmen untuk membangun infrastruktur yang memudahkan akses bagi wisatawan.

Selain pembangunan infrastruktur fisik, perhatian juga harus diberikan pada pengembangan sumber daya alam, sumber daya manusia.

Serta penduduk setempat, sehingga mereka dapat menjadi pemangku kepentingan dalam industri pariwisata.

BACA JUGA: Pangandaran Punya Cerita Seru Nih, Soal Tempat Mandi Dewi Rengganis

Pentingnya Menjaga Kebersihan

Namun, yang paling penting adalah bagaimana masyarakat Jawa Barat memahami pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan tempat wisata tersebut.

Bey menekankan pentingnya mengoptimalkan manfaat dan promosi Pangandaran sebagai tujuan wisata yang terkenal.

“Ini harus menjadi upaya bersama dalam menjadikan Pangandaran sebagai destinasi pariwisata yang dikenal luas,” ujarnya.

Pengembangan Pangandaran sendiri didukung oleh Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2021. Yakni, tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan.

BACA JUGA: Melihat Keindahan Laut Lepas Pangandaran Dari Glamping Karapyak

Dimana Perpres tersebut, yang merupakan bukti komitmen pemerintah untuk mempercepat pembangunan di kawasan Jawa Barat bagian selatan, terutama Pangandaran.

Bey berharap bahwa peraturan presiden ini akan meningkatkan daya saing dan kualitas pariwisata di Pangandaran.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Benny Bachtiar, menjelaskan bahwa acara tersebut merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden No 87 Tahun 2021.

Pemerintah Jawa Barat, dari masa Gubernur Ahmad Heryawan hingga Ridwan Kamil, telah berusaha mengembangkan potensi di Jawa Barat selatan.

BACA JUGA: Brillo Pizza, Jajanan Italia di Pangandaran yang jadi Buruan Wisatawan

Yaitu dengan menekankan dua kawasan utama, yaitu Ciletuh dan Pangandaran.

Sedangkan Jawa Barat utara akan dikembangkan sebagai kawasan industri manufaktur, Jawa Barat selatan akan menjadi fokus utama dalam pengembangan sektor pariwisata, terutama sektor bahari.

Benny menggarisbawahi perlunya perencanaan yang lebih baik untuk mewujudkan Pangandaran sebagai destinasi pariwisata yang terkenal.

Bahkan dengan rencana untuk mengembangkan kawasan wisata premium di sebelah barat Pangandaran di masa depan. ***

Pos terkait